NEWS
DETAILS
Rabu, 01 Mar 2017 00:11 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb

Surabaya - Kecelakaan lalu lintas merupakan akibat dari kelalaian yang disebabkan oleh pengendara kendaraan bermotor, tidak hanya untuk roda dua maupun roda empat. Salah satunya adalah dari cahaya lampu dimmer, Apa itu lampu dimmer? Dan bagaimana menggunakan lampu dimmer?. Lampu dimmer merupakan lampu yang dikhususkan untuk melihat benda maupun objek yang berada di depan kita namun pada posisi jauh. Pengendara kendaraan bermotor kurang memahami fungsi dari lampu tersebut, bukan untuk lampu yang bisa dimainkan karena dapat berakibat fatal.

Pic 1,1 Ilustrasi kilauan cahaya Lampu dimmer.

Dengan kapasitas daya yang lebih besar dengan lampu utama yang berjarak dekat cahaya yang ditimbulkan pun akan besar pula sebanding dengan kapasitas dayanya dan bisa menyilaukan mata pengendara yang ada didepannya apabila digunakan pada malam hari. Banyak para sopir bus maupun mobil angkutan besar yang dengan seenaknya menggunakan lampu dimmer sebagai tanda bahwa posisi kendaraan. Lalu dimana fungsi klakson pada kendaraan yang berfungsi sebagai pemberi tanda keberadaan kendaraan tersebut yang digantikan oleh lampu dimmer yang seyogyanya fungsinya bukan pemberi tanda posisi kendaraan.

Penyebab lampu dimmer yang tidak pada posisinya:

1. dapat menyebabkan kecelakan karena silau cahayanya yang membuat penglihatan pengedara lain terganggu dan berakibat mengalihkan pandangan terhadap medan jalan didepannya

2. dapat menyebabkan kerusakan pada mata dalam jangka yang panjang karena silau cahayanya

Penggunaan yang bijak lampu dimmer yaitu:

1. Digunakan apabila benar - benar tak dapat melihat objek yang jauh di depan kita dan tidak dalam jangka waktu lama.( khususnya pada malam hari)

2. Jangan digunakan apabila ada pengendara lain di depan kita karena akan menyebabkan pengendara lain mengalihkan penglihatannya (khusunya pada malam hari)

3. Gunakan klason untuk memberitahu posisi kendaraan kita, entah itu di belakang kendaraan lain mapun kendaraan kita berada di depan kendaraann lain.

Semoga tips diatas mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya yang disebebkan oleh cahaya lampu dimmer pada kendaraan, Jadilah Pelopor Keselamatan Berkendara di Jalan Raya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK