NEWS
DETAILS
Selasa, 28 Feb 2017 22:54 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb

Kali ini mimin ingin kasih tau kalian semua yang baru megang Honda C50-C70-C90 asli jangan loe samakan dengan Honda Astrea Grand dll. Karena ada yang beda pada rumah kopling/ kopling housenya, berikut konstruksinya:

Pic 1.1 Konstruksi Kopling Astrea Star, Astrea Grand, Astrea Supra,dst.

Pic 1.2 Konstruksi kopling C50, C70, C90, C700, C800, Astrea 800.

Nah Sudah tau kan konstruksinya jelas beda namun fungsi sama. Pada C50, C70,C90 dst kopling sentrifugal atau bisa disebut kopling ganda berada di dalam kopling house yang sejajar dengan crankshaft atau askruk/ bandul yang bekerja ketika mendapatkan gaya sentrifugal atau menjauhi titik pusat sehingga dapat menggerakkan kopling house yang ter-couple dengan roda gila/ fly wheel atau bisa disebut gigi sekunder draft gearyang berada sejajar dengan mainshaft transmisi.

Sedangkan pada Astrea Star, Astrea Prima, dst kopling sentrifugal atau bisa disebut kopling ganda berada di depan kopling house atau sejar dengan crankshaft/ askruk kerjanya sama saja dengan yang ada pada C50, C70, C90 dst, namun bedanya yang menggerakkan roda gila/ fly wheel yaitu roda gigi yang berada pada rumah kopling sentrifugal atau rumah ganda yang ditekan oleh kanvas kopling ganda yang menerima gaya sentrifugal.

Bentuk kanvas koplingnya pun berbeda pula, walaupun sama -sama bernama kanvas kopling

Pic 1.3 Bentuk Kanvas Kopling C50,C70,C90,C700,C800,Astrea 800.

Pic 1.4 Bentuk Kanvas Kopling Astea Star, Astrea Grand, Astrea Prima, dst.

Oleh karena itu jangan disamakan saat mengkanibal kopling untuk C70 ada komponen yang butuh penyesuaian sedikit untuk mencapai performa yang sempurna.

Lampiran:

Konstruksi Kopling C70

 

Konstruksi Kopling C50

 

Source:

www.warungdohc.com

google search

PT. Astra Honda Motor - Buku Pedoman Reparasi

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK