NEWS
DETAILS
Minggu, 07 Aug 2016 00:42 - Koentoel Soerobojo

Assalamu;alaikum wr wb.

Guys...

Kalian pernah ngalami kejadian mesinmu terlalu panas kagak??? pastinya pernah dong. Sebagian besar menganggap hal tersebut lumrah atau umum terjadi. eitsss jangan senang dulu guys, walaupun mesin bekerja terus2an mengakibatkan panas tapi kalau panasnya terlalu apa bisa disebut kejadian umum??? heheheehe. Bisa - bisa mesinmu bisa "...Hancur lebur besinya serta hangus baunya.." wkwkwk kayak lagu aja. Mari kita simak bersama.

 

Menurut namanya minyak pelumas, ya berfungsi sebagai pelumas komponen mesin tentunya. Namun selain sebagai pelumas komponen yang bergesekan pada mesin, oli/pelumas juga sebagai pendingin mesin guys. Serta Perapat pada dinding silinder mesin. Nah kalo sudah begitu apa yang menyebabkan mesin terlalu panas/overheating???. Coba cek bak olimu guys tinggi oli melalui indikator pada stick tutup bak oli. dibawah standar yang ditetapkan atau malah lebih.

Pic 1.1 Deepstick pada tutup bak oli.

Nah dari picture tersbut kita tahu kondisi oli mesin kita berkurang maupun terlalu banyak. Kalo oli mesin terlalu banyak gimana??? sama guys bisa menyebabkan mesin kita cepat panas karena putaran mesin akan terhambat oleh volume oli yang terlalu banyak apalagi kalo oli yang kia pakai terlalu kental. Maka kerja mesin akan menjadi berat dan mengakibatkan mesin menjadi cepat panas.

Jadi harus nambah selang hawa dong gan??? (lo kira ibu Siti Hawa). Kan lumayan untuk ngademin mesin kak... eits buang persepsi tersebut guys. Menambah selang pernafasan mesin dapat membuat mesin adem, persepsi itu kurang tepat guys.

Pic 1.2 Selang Pernafasan mesin tambahan

Terlalu banyak selang pernafasan mesin dapat mengakibatkan volume oli yang ada didalam mesin akan cepat berkurang. Karena tingkat pemuaian oli yang tinggi akan menyebabkan volume oli berkurang drastis. Sebenarnya selang pernafasan bawaan motor sudah cukup efektif untuk menurunkan temperatur mesin. Nah terus gimana donk kalo tetep panas??? kan mesin ane udah ane bore up???, Cukup pakai pendingin oli yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mendinginkan temperatur oli dalam mesin dan tingkat pemuaian relatif kecil karena panas mesin terbuang dari satu jalur saja.

Pic 1.3 Pakai Oil Cooler lebih efektif

Pakai Oil Cooler paling recomended karena volume oli tidak gampang memuai serta lebih efisien untuk mendinginkan oli serta mesin kalian juga performa mesinmu akan tetap terjaga. Jadi masihkah kamu mempertahankan selang hawamu dari pada ketahanan mesinmu???? kalian yang memutuskan.

Sekian dulu guys dari mimin. Tunggu info menarik selanjutnya.

Wassalamu'alaikum wr wb

Rizky Mega Darmawan.

Source pic:

www.motorplus-online.com

https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.10151093604577988&type=3 (Foto Grub Kentoel Soerobojo)

soft7.com

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK