NEWS
DETAILS
Sabtu, 24 Mar 2018 06:48 - Honda Community

Beberapa pengendara Honda BeAT karburator mengeluhkan knalpotnya yang sering kali meletup ketika sedang berkendara. Saat grip gas ditutup, letupan tersebut terjadi, tidak keras suaranya cuman mengurangi kenyamanan.

Jika hal tersebut terjadi pada BeAT, tandanya ada beberapa bagian mesin patut dicek. Nah buat BeAT-mania yang tak kunjung menemukan jalan keluar soal letupan di knalpot standar BeAT, langsung simak ya!

Pertama cek SASS (secondary air suplay system). Fungsi SASS, mengatur semprotan udara bersih agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran, yang nantinya diolah jadi gas ramah lingkungan.

Masalahnya, kalau flow pada komponen itu ada yang tidak beres, bisa menimbulkan letupan. Sebaiknya, cek selang-selang SASS kalau-kalau ada yang terjepit atau terlipat. Kalau hal itu tak ditemui, langsung periksa katup di dalam SASS.

Katup itu berfungsi mengatur flow O2 (udara bersih) serta CO & HC dari sisa pembakaran mesin. Saat katup itu tidak membuka-tutup secara sempurna, akibat adanya kotoran yang menyelinap ke permukaan katup.

Itu sama saja ada gas yang keluar sebelum masuk ke ruang bakar. Efeknya, campuran bahan bakar di mesin jadi kacau.

Langkah yang tepat adalah meminta bantuan bengkel resmi untuk membersihkan katup itu karena di dalam buku panduan manual, SASS hanya boleh dibuka ahlinya alias mekanik.

Masih nembak juga? Langsung aja atur ulang putaran air screw di karburator. Kalau putaran tidak sesuai setingan pabrik, dapat menimbulkan suara letupan yang dimaksud. 

Bisa begitu karena air screw dapat mangatur debit bensin yang dikirim oleh karburator.

Jika gejala meletup tak kunjung hilang, lanjut membersihkan bagian dalam karburator seperti spuyer dan lainnya. Kalau main jet atau pilot jet tersumbat kerak bensin, hal itu bisa bikin suplai BBM terganggu. Efeknya ruang bakar jadi lean alias miskin BBM

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK