NEWS
DETAILS
Sabtu, 06 Aug 2016 01:53 - Koentoel Soerobojo

Pic 1.1 Tekanan Udara pada ban.

Assalamu'alaikum wr wb...

Guys pernah ngalami waktu berkendara dengan sepeda motor kalian saat nikung (bukan nikung gebetan temen luu hahaha...). Nah itu disebabkan oleh tekanan udara pada ban kurang tepat guys, bisa kurang bahkan bisa terlalu banyak. Yang bagus gimana to min??? simak gambar yang atu ini...

Pic 1.2 Posisi Ban yang tepat pada permukaan jalan/aspal

  • Yang nomer 1 itu akibat kelebihan tekanan udara guys. Udara terlalu memenuhi ruang yang ada didalam ban sehingga threed/pola/batik'an ban tidak mencengkeram dengan sempurna permukaan jalan. Yang bergesekan hanya pada pola ban yang paling tinggi.
  • Yang nomer 2 itu tekanan udara yang pas guys alias benar (horeeeee....). Udara memenuhi ruang di dalam ban sesuai dengan ukuran yang dianjurkan akibatnya threed/pola/batik'an ban mencengkeram permukaan jalan dengan sempurna.
  • Yang nomer 3 akibat dari kalo tekanan udara pada ban kurang. Udara pada ruang ban kurang sehingga kalau terkena beban kendaraan maupun beban muatan akan menekan kesamping. Sehingga bagian tengah ban terangkat kalo waktu berjalan di permukaan jalan yang basah maka akan menyebabkan Hydroplanning atau ban akan tampak melayang karena diangkat oleh ai yang ada di jalan raya alias bikin kita terpeleset ketika waktu pengereman (kan ngeriiiiii).

Berapa tekanan ban yang pas untuk motor kita ni jadinya????? simak gambar berikut

Pic 1.3 Tekanan Ban yang sesuai

digambar udah tertera jelas kan kalo ukuran yang ditampilkan untuk ukuran ban tertentu. Namun kagak usah khawatir pada kemasan ban juga tertera untuk masing2 ukuran.

Pic 1.4 Ukuran tekanan ban pada ban dengan ukuran 80/80

Cuplikan dari hondacommunity.net "Tekanan angin pada ban ada batas toleransinya, baik yang terendah maupun yang tertinggi. Ambil contoh tekanan angin ban merek IRC dan FDR. Sudah dipatok, untuk ukuran ban depan-belakang beda. Juga tergantung jenis motornya. "Sudah ada di kemasannya kok," kata Dodiyanto, Product Development PT Gajah Tunggal, Tbk, produsen IRC".

Nah itu tadi guy mengenai tekanan udara pada ban, jangan ampe kurang maupun lebih yang bro demi keselamatan kita semua dijalan raya tetap keep safety riding.

Wassalamu'alaikum wr wb

Rizky Mega Darmawan

Soyrce:

hondacommunity.net

otomotifnet.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK