NEWS
DETAILS
Rabu, 05 Oct 2016 19:58 - Verza Malang

Verza malang club menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di daerah Malang Selatan, tepatnya di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang pada hari Minggu, 2 Oktober 2016 dengan tema “Peduli Bencana Banjir di Pujiharjo”. kegiatan ini dilakukan dengan cara  bahu membahu membersihkan sampah sisa banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu.

 

Seperti yang sebelumnya  banyak diberitakan media di Desa Pujiharjo mengalami banjir bandang sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 4 bulan terakhir. Banjir terjadi akibat luapan sungai yang berasal dari air hujan yang turun sangat deras. Kurangnya serapan air dan gundulnya hutan akibat penebangan liar adalah salah satu penyebab meluapnya air sungai yang tidak cukup tertampung.kerugian-banjir-pujiharjo-rp-11-miliar

Berangkat dari kota dampit menuju desa pujiharjo menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan santai. setelah sampai didepan gapura desa sudah nampak beberapa aktifitas warga membersihkan puing puing sisa banjir. walaupun sudah tidak terlalu parah tapi masih ada beberapa titik yang terlihat tumpukan batu yang terbawa aliran sungai. kami langsung menuju balai desa pujiharjo yang pula dijadikan posko bencana banjir guna mendapatkan info serta titik mana yang harus dibenahi. kedatangan kami disambut baik oleh staff desa serta beberapa petugas BPBD Kab. malang yang sedang berada dilokasi.

14572386_1398001343550943_1358183039482452632_n-large

di balai desa pujiharjo

14570476_1398001620217582_6788284610338749752_n-large

Setelah Berbincang dan menyampaikan maksud kedatangan kami dapat arahan untuk membantu di daerah pesisir pantai. karena disana terdapat perkampungan warga yang masih banyak titik sampah yang tertumpuk akibat aliran sungai yang meluap beberapa waktu yang lalu. tak menunggu waktu lama kami langsung menuju daerah yang dimaksudkan tersebut.

img_9002-large

Tak berapa lama kami memacu sepeda motor untuk menuju tempat tersebut. dari sini kita sudah bisa melihat beberapa titik yang perlu kami bantu. kedatangan kami disambut baik oleh warga masyarakat sekitar yang turut serta dalam kegiatan kami ini.

img_9064-large

sampah sisa banjir

Menyempatkan breafing sejenak dan dilanjutkan dengan berdoa bersama kami langsung turun kelapangan untuk memulai bakti sosial ini. Kami harus menyebrang sungai untuk membereskan sampah yang banyak tertumpuk di sekitaran sungai. walaupun ga begittu dalam tapi aliran sungai ini cukup deras kamipun harus berpegangan agar tidak terjadi hal yang tidak kami inginkan.

img_9005-largeDengan semangat kami membawa kantong sampah guna memisahkan antara sampah plastik dan sampah alam. Sampah plastik dan botol kami masukkan ke kantong guna nanti dikumpulkan dan bisa dibakar. sedangkan sampah alam seperti dahan kayu, akar kayu serta lain lainya kami kumpulkan guna nanti bisa digunakan untuk keperluan warga sekitar.

img_9030-large

Tak jarang kami bertemu dengan bangkai hewan ternak yang mati terbawa arus air dan baunya sangat menyengat serta kayu kayu besar yang juga perlu kami pindahkan, itu yang membuat kami harus kerja keras lagi. Kamipun terus semangat agar kegiatan ini bisa rampung sebelum sore tiba, karena khawatir dengan hujan deras yang membuat kami nantinya tidak dapat menyelesaikan kegiatan ini.

img_9107-large

img_9142-large

Kami dikejar waktu hingga tak terasa lagi rasa lapar dan haus. dan alhamdulillah sekitar pukul 16:00 waktu setempat sampah-sampah sudah berhasil kami rapikan. kami membawanya menyeberangi sungai dan kami kumpulkan. wargapun banyak berterimakasih kepada kami atas perhatian serta bantuan tenaga yang kami berikan pada kegiatan sosial ini.

img_9203-large

Dalam Kegiatan ini memang kami tidak bisa memberikan bantuan berupa materi, tapi dengan bantuan tenaga ini mudah mudahan bisa sedikit membantu meringankan beban korban banjir di desa pujiharjo ini.img_9199-large

Terima kasih Kepada Tuhan YME

Pemerintah Desa Pujiharjo

BPBD Kab. Malang

Serta Masyarakat desa pujiharjo

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK