NEWS
DETAILS
Kamis, 28 Mar 2024 07:21 - Asosiasi Honda Sumatera Barat

Libur lebaran tahun ini punya rencana mudik me­ng­gunakan sepeda motor? Jika iya, maka hal yang harus dilakukan adalah pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi motor, agar pulang kampung terasa lebih aman dan nyaman.

Menurut Riandy Monru, Instruktur Safety Riding PT Menara Agung, penge­cekan motor bisa dilakukan kapan saja baik dibengkel umum ataupun resmi. Wak­tu yang tepat untuk pengecekan sepeda motor adalah pada saat awal puasa. Karena kalau sudah satu pekan menjelang Lebaran, bengkel penuh dan anda harus antri lebih lama dibanding pekan sebelumnya. Tetapi bukan waktu yang menjadi intinya, pe­nge­cekan dan penggantian komponenlah yang harus dilakukan menjelang mu­dik.

“Komponen penting tersebut harus bekerja dengan maksimal, sehingga selama di perjalanan yang jaraknya ratusan kilometer (KM) tidak akan menjadi masalah,”ujar Riandy.

Riandy pun membagikan beberapa tips guna mempersiapkan motor yang wajib anda perhatikan sebelum mudik. Pertama, lakukan pengecekan ban. Pemeriksaan meliputi ketebalan atau keausan ban, jika sudah lama dan ban terlihat gundul, segera ganti serta gunakan ban yang dapat di gunakan untuk kondisi jalan yang basah dan kering.

“Kedua, periksa kom­ponen ban depan dan belakang.  Bila perlu ganti komponen roda depan dan belakang secara keseluruhan terhadap fungsi bearing, jari – jari dan velgnya. Cek kondisi roda jangan sampai goyang baik dari velgnya atau dari bearingnya,” jelas Riandy.

Ketiga, kata Riandy, lakukan pengecekan gear dan rantai roda. Pemeriksaan meliputi keausan rantai, kendur atau berkarat dan jangan lupa menggunakan pelumas rantai agar selama perjalanan tidak ada masalah.

“Keempat, periksa sis­tem pengereman depan dan belakang, apakah ma­sih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa keausan kampas rem dengan memperhatikan tanda segitiga pada tuas ayun rem (untuk rem tromol), serta batas garis keausan untuk rem cakram,” tambahnya.

Tips selanjutnya, kata Riandy, periksa kondisi aki motor. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin dengan elektrik starter, cek lampu depan,sein, klakson dan cek performanya jangan sampai mengalami penurunan dari biasanya.

“Terakhir, pastikan sudah mengganti oli sepeda motor yang akan dibawa perjalanan jauh. Mengganti oli dimaksudkan agar kinerja mesin motor anda bisa semakin optimal saat mudik. Jadi tidak ada salahnya dilakukan walaupun oli motor anda masih terbilang baru,” tutupnya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK