NEWS
DETAILS
Sabtu, 11 Feb 2023 12:06 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Alat komunikasi merupakan perangkat yang sangat diperlukan ketika melakukan perjalanan touring. Terlebih jika perjalanan dilakukan secara rombongan. Perangkat ini dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang mungkin saja terjadi di jalan seperti terpisah dari rombongan, ingin beristirahat hingga jika terjadi masalah pada kendaraan anggota rombongan.

Berikut ini Asmo Sulsel memaparkan berbagai macam perangkat komunikasi yang bisa Brosis gunakan ketika melakukan perjalanan.

  1. Handy Talkie
    Perangkat komunikasi ini biasa digunakan tidak hanya pada saat touring motor, Brosis pasti sering melihat perangkat ini digunakan dalam berbagai acara-acara yang mempekerjakan banyak orang untuk mengakomodir komunikasi.
    HT menggunakan channel yang dimana mereka mencocokkan channel yang sama agar semua bisa melakukan percakapan dalam channel tersebut. Radius HT berbeda-beda, jika pada umumnya pada lapangan kosong tanpa ada penghalang HT bisa hingga radius 10 km namun akan berkurang jika ada penghalang seperti adanya bangunan disekitarnya. Kekurangan HT yaitu belum banyak HT yang waterproof jadi harus berhati-hati ketika menggunakan HT dimusim hujan

     
  2. Intercome
    Para bikers pasti sudah tidak asing lagi dengan intercom, sebuah device bluetooth yang dipasang di helm untuk bisa berkomunikasi dengan bikers lainnya. Device ini memiliki keterbatasan dalam jumlah member yang bisa dimasukkan dalam satu grup di aplikasi perangkat tersebut. Kelebihan device ini merupakan device yang anti air jadi akan aman selama dalam perjalanan dan brand yang mengeluarkan intercom juga sudah ada yang tergabung dengan action camera.

     
  3. Aplikasi di Smartphone
    Semakin berkembanganya perjalanan dunia teknologi, bikers sebenarnya tidak perlu membeli gadget tambahan karena aplikasi seperti HT sudah memasuki dunia aplikasi smartphone. Aplikasi zello merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan bikers membuat channel yang bisa memasukkan banyak user dari pengguna aplikasi ini dalam 1 channel. Kelemahan aplikasi ini untuk bisa untuk bisa berbicara bikers harus terus membuka aplikasi ini, jika di close bikers hanya bisa mendengar tanpa bisa membalas.  
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK