NEWS
DETAILS
Minggu, 30 May 2021 10:25 - Honda Community

Salah satu sekolah binaan Honda yang mempunyai komunitas keselamatan sekolah (KKS), salah satunya adalah SMK Maarif NU 01 Limpung, Batang, Jawa Tengah.

Tugas utama KKS sendiri adalah menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan pelajar dan guru di lingkungan sekolah. Terbagi menjadi empat tugas utama tersebut meliputi :

- Pembentukan Pelajar aman dengan fokus pada penambahan pengetahuan dan ketrampilan baik dalam berkendara maupun berlalulintas.

- Menciptakan Kendaraan/alat transportasi yang terpantau aman secara berkala melalui program motor standar.

- Sekolah sebagai miniatur pembelajaran berlalulintas yang benar melalui rambu rambu sekolah, jalur pejalan kaki dan tempat parkir berdasar budaya keselamatan industri.

- Pembuatan peraturan yang berhubungan dengan keselamatan baik bagi siswa maupun guru di lingkungan sekolah

Berdasarkan data Korlantas, penyumbang kecelakaan lalulintas paling banyak ada di rentang usia 14-29 tahun, pelajar SMA/SMK masuk dalam rentang ini. Jadi jika tidak ada perhatian atau tindakan langsung dalam pendidikan keselamatan berlalulintas maka akan banyak generasi muda bangsa ini yang cacat bahkan meninggal dan menjadi kerugian terbesar bagi bangsa ini karena dipundak merekahlah masa depan bangsa Indonesia bisa lebih jaya dan maju.

Maka dari itu penting banget salah satu sekolah binaan Honda yang mempunyai komunitas keselamatan sekolah (KKS), salah satu contohnya menjalankan program pelajar aman. Setelah dilakukan pemilihan ketua KKS, maka dipilih juga tim yang bertugas sebagai divisi pembentukan pelajar aman, minimal 2 orang pelajar. Selanjutnya siswa menjalani pelatihan program pelajar aman di bawah didikan dari instruktur safety riding AHM yang sudah bersertifikat.

“Problem kebanyakan pelajar saat mengikuti training ini adalah mereka sama sekali belum paham cara pengereman yang benar ataupun ketrampilan berkendara lainnya, padahal mereka sudah bisa berkendara sepeda motor sejak usia SMP bahkan beberapa ada yang usia SD sudah bisa. Ketrampilan berkendara yang rendah menjadi salah satu penyebab kecelakaan dari faktor manusia," jelasa Suko Edi Instruktur safety riding Astra Motor.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK