NEWS
DETAILS
Selasa, 11 May 2021 14:20 - Honda Community Bali

Hari ini bukan membahas hujan saat minggu pagi yah, tapi kita akan membahas tentang berkendara yang aman bareng Astra Motor Bali dan HCRC Bali. Kita bahas HCRC Bali dulu deh, dari namanya Honda CBR Rider Club Bali pasti ini klub motor CBR deh bukan klub motor CRF atau beat :p. sepak terjang club ini (ciyeee) memang selalu mengadakan kegiatan yang positif kepada para member dan kepada masyarakat. Dan agenda rutin club ini selain kopdar (selama pagebluk kopdar sementara ditiadakan) , bakti sosial, buka puasa bersama saat bulan ramadhan, dan pelantikan member baru.

Di agenda pelantikan member baru ini Blimin dibisikin para member baru wajib ikut pelatihan safety riding bersama Honda. Nah! Ini yang seru! Kira – kira apa saja sih materinya? Cekidot Semeton

Ada 3 materi yang disampaikan oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali, bro Ngurah Iswahyudi dan bro Yosepth Klaudius yaitu Awarness, Basic Skill, dan Cari_aman. BliMin penasaran kenapa ada materi kesadaran dulu yah padahal ingin tau ttg teknik-teknik naik motornya. Bro Ngurah memberikan materi tentang kesadaran berkendara dari sisi data kecelakaan yang melibatkan sepeda motor lebih banyak daripada kendaraan lain, usia pengendara yang mengalami kecelakaan berada di usia produktif, dilanjut dengan jenis kerugian saat mengalami kecelakaan seperti kerugian langsung dan kerugian tak langsung dirasakan oleh korban kecelakaan, BliMin langsung melongo Semeton! Ternyata kebiasaan BliMin seperti bengong dan maen hape saat naik motor menjadi faktor penyebab kecelakaan dari sisi faktor manusia selain faktor kendaraan dan faktor lingkungan.

 

Materi kedua dilanjut dengan basic skill atau keterampilan dasar saat berkendara, para member HCRC Bali sudah siap-siap dengan jaket dan kendaraan masing-masing, tapi ditahan dulu sama instruktur bro Yoyo, dikatakan jika mau berkendara wajib pemanasan dulu sejenak agar peredaran darah lebih lancar dari ujung kepala ke ujung kaki , menambah rileks saat berkendara dan menghindari capek yang berlebihan. Ketika sudah pemanasan baru deh member HCRC Bali boleh mencoba keterampilan dasar saat berkendara, ada 2 materi dasar yang diajarkan oleh instruktur safety riding seperti materi dasar pengereman, dan materi dasar berbelok (cornering). Yang diajarin dasar banget seperti mengerem dengan kombinasi rem depan dibantu dengan rem belakang, mengoperasikan rem depan dengan 4 jari dengan cara diremas secara lembut dahulu baru diremas semakin kuat, ketika mengerem jepit tangki dengan lutut agar tangan tidak cepat lelah, saat berhenti kaki kiri yang turun karena kaki kanan fokus di rem kaki / rem belakang.

Wah seru yah baru dasar braking saja ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan. Sekarang teman-teman HCRC Bali mencoba dasar berbelok dengan metode memutar di area seperti angka 8 , disini teman-teman HCRC Bali diajarkan cara menikung dengan posisi badan lean with alias badan sejajar dengan kemiringan sepeda motor, posisi kepala tegak lurus tidak mereng juga, mata tertuju kearah ujung tikungan dengan menoleh kiri jika menikung kiri begitu pula sebaliknya. Saat menikung usahakan badan keatas riles dan posisi gas stabil jangan ngegas terlalu kencang juga Semeton yang ada malah keluar jalur, BliMin merasakan jalurnya lumayan sempit (lebar +/- 2 meter) jadi kalau tidak fokus di pandangan dan putaran gas, motor kita akan tidak stabil dan keluar dari jalur. “dengan fokus di pandangan serta putaran gas membuat motor kita efisien dan amat saat masuk maupun keluar tikungan” begitu kata Pak Instruktur.

 

Acara ditutup dengan slalom games dimana para peserta dituntut selain mahir berbelok, mengerem, serta fokus menghapalkan jalur yang ditentukan oleh Instruktur. Alhasil para peserta ada yang beberapa salah jalan karena gagal fokus dan tidak hapal, ya namanya games tidak ada hadiah tapi ada hukuman push up *lahhh :v . Wah BliMin merasakan lagi enaknya masuk Komunitas Honda selain banyak teman baru, banyak acara seru, dan banyak mendapatkan ilmu serta pelajaran berharga yang tidak semua orang punya. Proud To Be Honda Community


 

~jp

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK