NEWS
DETAILS
Senin, 21 Sep 2020 13:32 - Honda Community


 
Balikpapan - Paguyuban Honda Balikpapan atau sering disingkat PHB berdiri pada 10 Oktober 2014 silam, yang bermula memiliki nama Paguyuban Honda Balikpapan-PPU-Paser gabungan dari beberapa ring di area Astra Motor Balikpapan. Pada tahun 2018 memilih untuk berdiri sendiri di wilayah Ring 1 Astra Motor Balikpapan dengan Nama "Paguyuban Honda Balikpapan (PHB)".

Selama kurang lebih hampir 6 tahun berdiri sampai saat ini, Paguyuban Honda Balikpapan adalah wadah untuk seluruh komunitas Honda di Balikpapan dengan 1 visi dan misi menuju dan melakukan hal positif yang berguna untuk masyarakat Kota Balikpapan.
 
Pada tahun 2018 kala itu, jumlah komunitas Honda yang ada di dalam Paguyuban Honda Balikpapan kurang lebih ada sebanyak 11 Komunitas. Saat itu antara komunitas Honda satu dengan lainnya belum/tidak saling mengenal. Komunitas Honda di Balikpapan terbilang cukup banyak, tapi sangat disayangkan apabila tidak saling mengenal antara komunitas satu dengan yang lainnya.

Kehadiran Paguyuban Honda Balikpapan inilah yang merangkul seluruh Komunitas Pengguna Motor Honda untuk menjadi 1 (satu) agar lebih guyub dalam persaudaraan dan kekeluargaan dengan cara merangkul mengadakan pertemuan secara rutin atau membuat kegiatan bersama komunitas-komunitas Honda tersebut.
 
Saat ini terdapat 22 Komunitas Honda Balikpapan yang tergabung di dalam Paguyuban Honda Balikpapan, diantaranya ialah :

1.    Honda CBR Owner Indonesia Chapter Balikpapan
2.    CBR Club Indonesia Region Balikpapan
3.    CBR250RR Owner Balikpapan
4.    CRF Owner Balikpapan Community
5.    Honda StreetFire Club Indonesia Chapter Balikpapan
6.    Balikpapan StreetFire Community
7.    Sonic Club Balikpapan
8.    Honda ADV Indonesia Chapter Balikpapan
9.    Honda PCX Club Indonesia Chapter Balikpapan
10.    Balikpapan Vario Community
11.    Scoopy Balikpapan
12.    Balikpapan Beat Community
13.    GTR150 Club Balikpapan
14.    Balikpapan Honda Supra Team Rider
15.    Balikpapan Revo Club
16.    Balikpapan Street Cub
17.    Balikpapan Astrea Series Community
18.    Win Mania Balikpapan
19.    Balikpapan Honda Club
20.    Honda Motor Club
21.    Ikatan Motor Tiger Balikpapan
22.    Honda Megapro Club

Dalam kurun waktu hampir 6 tahun Paguyuban Honda Balikpapan sudah berkembang dan memiliki 22 club/community yang ada di wilayah di Kota Balikpapan. Paguyuban Honda Balikpapan atau yang sering kita kenal PHB selalu mengikuti, meramaikan, dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diagendakan oleh PT. AHM dan Main Dealer Astra Motor Balikpapan yaitu selaku distribusi resmi  sepeda motor Honda  di wilayah Kalimantan Timur 1 dan Kaltara.

Program kerja PHB  di sepanjang tahun 2020 dengan kepengurusan baru yang terbentuk pada tahun 2019 merencanakan beberapa agenda diantaranya ialah :

•    Musyawarah kerja PHB
•    PHB Go Green for Stakeholder
•    Activity CSR untuk Masyarakat Kota Balikpapan
•    Safety Riding
•    Pengembangan ke-anggotaan club/community

Namun, beberapa program kerja yang sudah dibuat tidak bisa banyak dilakukan karena kondisi yang tidak mendukung saat ini. Pada Tahun 2020,  Adapun kepengurusan inti PHB terdiri dari Ketua, Wakil, sekertaris, bendahara, humas, tata tertib, divisi touring, divisi kerohanian, dan dokumentasi & sosial media.

Seluruh Komunitas Honda yang bergabung didalam PHB semua membernya dapat mengikuti  program activity yang telah diagendakan oleh PT. AHM ataupun Main Dealer Astra Motor Balikpapan. Seluruh member Komunitas Honda tanpa terkecuali wajib membuat ke-anggotaan resmi sebagai komunitas Honda yaitu HCID (Honda Community Identity).



Honda Community Identity atau yang biasa disebut HCID Sebelumnya berupa kartu namun bekembangnya digitalisasi PT. AHM mengembangkannya menjadi suatu aplikasi yang tentunya lebih memudahkan member komunitas Honda yang tergabung didalam PHB untuk melihat berita berita seputar community se-Indonesia hanya melalui Smartphone.

Honda Community Event selama tahun berjalan menjadi bagian dari PHB dimana semua anggota bisa saling membantu antara club satu dan community yang lainnya di berbagai aktivitas  dan yang paling di tunggu tunggu yaitu tapping untuk menambah poin HCID mereka agar bisa di tukarkan dengan hadiah-hadiah menarik yang sudah disiapkan oleh AHM/

Adapun beberapa kegiatan yang sudah di jalankan sampai saat ini dari PT AHM dan Main Dealer Astra Motor Balikpapan bersama PHB adalah :

1.    Bikers Adventure Camp
2.    Workshop Jurnalis
3.    Convoy Merdeka
4.    Genio Movie Ride
5.    PCX Luxurious Ride
6.    Dan lain lain
 
Pada Oktober 2019, Astra Motor Balikpapan dan Paguyuban Honda Balikpapan juga dipercayakan menjadi tuan rumah acara akbar besar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh komunitas bikers Se-Kalimantan yang dibuat oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu "Honda Bikers Day Regional Kalimantan".Zaman masa dimana komunitas Honda yang tergabung dalam Paguyuban Honda Balikpapan melebur menjadi satu bergotong royong bekerja sama demi kesuksesan acara ini.

Bukan hanya kopdar dan touring, kegiatan CSR juga dilakukan dan diagendakan oleh Paguyuban Honda Balikpapan (PHB) dalam perihal membantu sesama masyarakat yang membutuhkan dan turut serta peduli terhadap lingkungan di Kota Balikpapan.
 
Perlu diketahui juga, Paguyuban Honda Balikpapan juga tidak lupa selalu menerapkan Safety Riding dan menerapkannya di kehidupan sehari hari saat berkendara. Hal ini didapatkan di Paguyuban Honda Balikpapan dengan adanya pelatihan dan kompetisi disetiap tahunnya yang diberikan oleh Astra Motor Balikpapan. Helm dan Jaket adalah hal yang paling penting dan wajib selalu dikenakan saat berkendara dan cara penggunaan dan pengendalian mengendarai motor dengan baik dan benar

Saat kondisi pandemi COVID-19 hadir di Dunia ini, semua kegiatan komunitas Honda lainnya tertunda/reschedule dan akan di-diskusikan kembali. Apabila akan melakukan/melangsungkan kegiatan, tentunya menjalakan sesuai dengan “PROTOKOL KESEHATAN” (Memakai Masker, membawa Hand Sanitizer, menjaga jarak minimal 1m) yang sudah diberlakukan atau diterapkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah Kota Balikpapan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK