Rabu, 17 Feb 2021 10:15
Honda Community

Latihan Mendaki ke Gunung Batu Jonggol

Selain Puncak dan sederet kuliner lezatnya, Bogor juga dikenal berhawa sejuk yang bikin pengunjung betah berlama-lama di sana. Kota Seribu Angkot dan Kota Hujan, dua julukan yang paling melekat di masyarakat untuk Bogor.

Di kota ini masih terdapat banyak area hijau dan kawasan perbukitan, salah satunya adalah Gunung Batu Jonggol. Namanya mungkin masih asing di masyarakat, tapi kalangan pendaki dan aktivis pecinta alam pasti banyak yang mengetahui tempat ini.

Normalnya gunung memiliki ketinggian di atas 1000 mdpl (meter dari permukaan laut). Ini keunikan Gunung Batu Jonggol, tingginya hanya sekitar 875 mdpl dengan trek tanjakan curam menuju puncak.

Nama Gunung Batu Jonggol diberikan oleh warga sekitar karena bentuknya seperti batu besar yang menonjol di tengah tanah lapang. Sekitarnya dipenuhi padang rumput dan perkebunan milik warga yang nampak asri.

Gunung Batu Jonggol berdiri di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor. Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bogor. Meski Bogor dijuluki kota seribu angkot, nggak ada satupun angkutan umum yang bisa membawamu ke sana.

Perjalanan harus ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Di sana tersedia tanah lapang yang diperuntukkan sebagai lahan parkir bagi pengunjung yang ingin mendaki sampai ke puncak.

Karena tingginya hanya 875 mdpl, Gunung Batu Jonggol menjadi tempat ‘latihan’ favorit para pendaki pemula. Banyak komunitas pecinta alam yang datang ke sini untuk menggelar latihan pendakian.

Meski relatif pendek, trek Gunung Batu Jonggol seru buat latihan dan menantang adrenalin. Tanjakan curam menghiasi sepanjang rute pendakian. Makanya wajib banget menyiapkan peralatan webbing untuk memudahkan.

Kondisi di sekitar Gunung Batu Jonggol masih sangat asri dan alami. Belum dibangun fasilitas umum dan kios-kios pedagang sehingga pengunjung harus siap dengan perbekalan masing-masing.

Jika Brader mengunjungi Gunung Batu Jonggol di musim kemarau, bersiaplah menghadapi debu tebal yang beterbangan. Tanahnya jadi gersang sehingga tiupan angin menerbangkan serpihan tanah dan pasir sampai ke mana-mana.

Sebaliknya, saat musim hujan lokasi ini jadi sangat licin dan mudah longsor. Makanya kurang disarankan memaksa melakukan pendakian saat musim penghujan. Apalagi curah hujan Kota Bogor lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.

Sama seperti perbukitan lainnya, Gunung Batu Jonggol juga cocok dijadikan lokasi camping. Ada 2 spot camping favorit yang bisa Brader jajal. Pertama di sekitar lahan milik warga, ada tanah lapang di dekat jalur pendakian yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Lokasi berikutnya adalah shelter 2 yang lebih dekat dengan puncak. Sayangnya di atas Gunung Batu Jonggol nggak terdapat sumber air. Jadi bagi Brader yang tertarik berkemah di shelter 2 wajib membawa sendiri persediaan air bersih dari bawah.

Buat Brader yang suka dengan kegiatan outdoor, Gunung Batu Jonggol wajib masuk dalam daftar liburan berikutnya nih!

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 26 Feb 2021 11:47
Honda Community

Potensi Wisata Di Sukambumi Yang Wajib Dikunjungi

The Last of us
Rabu, 24 Feb 2021 09:05
Honda Community

Sambangi Surabaya, Jangan Lupa Mampir Ke Taman Pelangi

The Last of us
Senin, 22 Feb 2021 10:50
Honda Community

Lembah Harau, Destinasi Wisata Yang Begitu Menggoda

The Last of us
Rabu, 17 Feb 2021 10:15
Honda Community

Latihan Mendaki ke Gunung Batu Jonggol

The Last of us
Minggu, 14 Feb 2021 12:44
Honda Community

Kongkow Di Bangunan Yang Punya Arsitektur Bersejarah

The Last of us
Sabtu, 13 Feb 2021 10:39
Honda Community

Berwisata Di Banda Aceh

The Last of us
Jumat, 12 Feb 2021 11:39
Honda Community

Kawasan Industri Cikarang Punya Tempat Santai