NEWS
DETAILS
Rabu, 18 Jan 2017 13:24 - Verza Malang

Ada yang baru lagi nih di Malang, jika selama sepekan terakhir timeline dipenuhi dengan foto foto Bukit Bulu dan Batu Flower Garden kini kamu penghobi foto selfie  bisa mencoba spot baru yang tak kalah indahnya guys. Adalah spot Budukasu atau sering disebut juga Budugasu/Bodog Asu yang menjadi wisata baru di Malang pekan ini. Spot ini begitu cantik di lereng Gunung Arjuna. Spot baru Budukasu ini sedang jadi hits pembicaraan lho guys di instagram dengan tagar #budukasu #budugasu karena banyak yang penasaran dan belum tahu lokasi spot foto dengan kepala srigala ini.

 

img_20170116_124355_hdr-01

Budukasu sendiri merupakan nama bukit yang diberikan oleh warga sekitar dari kata Bodog Asu maka sering disebut juga sebagai budukasu/buduk asu/budug asu. Tempat ini memang baru mulai dikelola oleh warga setempat menjadi tempat wisata baru di Malang. Awalnya spot Budukasu ini hanya digunakan oleh kalangan motor croeeser atau offroader sebagai jalur utama di kaki Gunung Arjuno. Namun seiring dengan banyaknya offroader atau crosser yang datang kemudian dibuatkanlah spot foto dan fasilitas lainnya seperti toilet. Al hasil kini tak hanya para penggila outdoor race saja yang datang, namun para pemburu foto selfie kini juga mulai berdatangan.

img_20170116_130009_hdr-02

Nah Perkenalkan dulu Guys Dengan team Jelajah dari Verza Malang Club Kali ini, Saya Armand, serta 2 Rekan Saya Pak Ketum Iman Sarkawi Dan Pak Handoko, Senin 16 Januari 2017 Mencoba Berkunjung Ke Destinasi Baru Dimalang ini. Jalur yang umumnya digunakan menuju budugasu adalah via lawang – kebun teh wonosari karena jalannya yang bisa dibilang tidak terlalu sulit, bahkan motor bebek saja bisa melaluinya, Namun Bukan VMC namanya jika tidak mencari sesuatu yang beda untuk memacu adrenalin.

Yups.. Diputuskan deh guys untuk lewat rute baru via  dusun sumbul, Desa Klampok, Kec. Singosari. Rute yang benar benar jarang diminati karena medannya yang terkenal susah dan sulit. dengan bermodalkan informasi warga yang sangat minim kamipun sepakat untuk brangkat pagi itu mesti kondisi jalan basah efek hujan deras.

img-20170116-wa0003-01

Dari candi singosari kita naik saja arah candi sumber awan sebelum candi sumber awan belok kanan terus kiri… nah disitu kita sudah mulai masuk jalan makadam guys… jalanan masih bisa dilalui dengan baik meski beberapa titik makadam tampak rusak dan terdapat genangan air. barulah setelah 2km kita disuguhi jalan yang benar benar rusak… tanah yang basah serta lumpur membuat kita harus extra hati hati agar bisa melaluinya. Makin naik jalanpun semakin tak kasih ampun guys….

img_20170116_085301_hdr-01

Hampir disepanjang jalan kami tak pernah berpapasan dengan pengguna jalan lain. karena memang hanya petani dan pekebun saja yang lewat jalan ini. petanipun banyak yang mengingatkan kami agar tetap waspada dan hati hati karena jalan diatas sangat licin. ” ajeng munggah to mas ? ati2 mas dalane lunyu.. mari udan deres” sapa salah satu warga yang kami temui.

img_20170116_092629_hdr

Honda Verza 150 Memang diciptakan bukan untuk area dan medan seperti ini, tapi kami yakin dengan semangat kebersamaan, kami bisa lalui semua ini bersama. apalagi dengan tekstur roda ban kami yang yang standart guys…. jelas harus menuntut kerjasama yang baik. itulah menjadi motifasi kami. keringat bercucur deras meski hari itu mendung.. iya karena beratnya track yang harus kami lalui.

img_20170116_101109_hdr-01

img_20170116_104444_hdr-01

img_20170116_104623_hdr-01

Disetiap Keluh kesah pasti ada kejutan yang TUHAN telah  rencanakan … 2km sebelum puncak budugasu kami dikejutkan oleh view dari hutan cemara disekitaran budug asu. view yang sangat bagus hutan cemara ala ala film twilight itu guys… tak ayal kami berhenti sejenak untuk berfoto dan menikmati sejuknya hutan pinus ini.

img_20170116_110537_hdr-01

img_20170116_110638_hdr-01

tak panjang jarak yang kami tempuh guys, hanya sekitar 9km dari candi singosari tapi kami butuh waktu lebih dari 3,5 jam untuk melaluinya. Dan akhirnya setelah hampir 3,5 jam yang melelahkan kamipun sampai di pos pintu masuk bukit budugasu. rasa lelah terbayar sudah saat kami sampai dipuncak budugasu.

img_20170116_124739_hdr-01

Pemandangan di bukit Budukasu ini memang benar benar indah dengan latar belakang gunung Arjuna yang megah dan hamparan sabana hijau memanjakan mata. Sebelah barat ada hamparan kebun teh yang hijau seperti karpet raksasa. Di bukit Budukasu ini juga sudah ada gardu pandang yang menjadi ikon wajib untuk foto selfie dengan ikon kepala srigala. Lokasi Budukasu Malang yang berada di ketinggian 2000 mdpl membuat suasana di tempat ini begitu sejuk dan cocok juga bagi para pendaki gunung pemula serta pecinta camping.

img_20170116_124645_hdr-01

Satu jam kami menikmati suasana dipuncak budugasu ini guys. segala rasa lelah terbayar sudah ketika segelas kopi dan nasi bungkus yang kami bawa dari bawah menemani kami disiang itu. dipuncak Hampir tidak ada wisatawan yang hadir bersama kami saat itu, kami hanya bertemu 2 orang pendaki asal arjosari yang turut membaur bersama kami. mereka sempat heran saat kami bercerita rute desa klampoklah yang kami pilih. karena menurut mereka rute itu hanya bisa dilalui motor trail atau motor croeeser atau offroader saja.

Dan dari sini kita bisa petik pelajaran bahwa seberat apapun rintangan yang dihadapi semua itu bisa dilalui jika kita mau bersama. dan melewatinya bersama sama.

https://www.youtube.com/watch?v=LShVvLJUNwQ

Info lokasi Budukasu/Budug Asu/Bodog Asu
Alamat : Sekitar Area Agrowisata Kebun Teh Lawang – Wonosari, Singosari, Kabupaten Malang
Rute Google Map : ADA
Akses Jalan : ekstrim, belum aspal, berbatu, licin
Fasilitas : Gardu pandang, toilet, bangku, Cafe ilalang

 

Pewarta : Armand

#budugasu #bukitbudugasu #budukasu #budug #jalanbudugasu #buduk asu #gunung buduk asu #budug asu wonosari #wisata budug asu malang #bukit buduk asu #pariwisata offroad buduk asu #budug asu lawang #bukit budukasu lawang

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK