NEWS
DETAILS
Minggu, 02 Sep 2018 20:15 - Honda Community

Setelah riding sekitar 4 jam bersama CRF250Rally ke arah timur dari Kiev melewati suasana jalan yang sepi diantara perkebunan dan pedesaan dan akhirnya tibalah di perbatasan negara antara Ukraina dan Rusia. Keluar dari ukraina sangat mudah, hanya butuh 15 menit dan tak ramai tapi ketika akan masuk Rusia tak kurang 4 jam lamanya untuk proses custom.

Saya mendengar pengalaman orang ketika masuk Rusia lewat darat terkadang perlakuan petugas imigrasi dan custom kurang menyenangkan namun tidak untuk perjalanan kami, petugas imigrasi dan custom di sini malah ramah dan bersahabat, hanya saja terkendala Bahasa dan juga tulisan di dokumen motor saya yang menggunakan Bahasa Inggris dan Indonesia yang membuat petugas custom kewalahan untuk menerjemahkan ke bahasa Rusia.

Ini yang memakan waktu juga untuk membuat surat custom di perbatasan. Namun semua proses custom berjalan lancar, dan sayapun sudah bisa berkendara di negara ke-54 petualangan Wheel Story.

Masih sekitar 500 km menuju Moscow, tapi hari mulai gelap. Hari pertama kami menginap di kota Bryansk. Dan hari berikutnya riding menuju Moscow, lalu lintas mulai padat, kondisi jalan kadang bergelombang dan temperature sekitar 12°C tapi akhirnya kamipun sampai di Moscow, disambut sore yang cerah ditengah kepadatan lalulintas kota Moscow, dikelilingi bangunan kuno yang masih terawat dan juga taman kota yang bagus. Sore itu juga kami ke KBRI Moscow. Disana kami disambut hangat pak Dubes Bersama staff KBRI Moscow.

Lokasi KBRI sangat strategis, berada di pusat kota dan hanya berjarak sekitar 1 km kita bisa temukan Kremlim dan St. Basil Cathedral sebagai ikon kota Moscow. Tempat ini sangat indah, bersih dan tertata. Saya sudah mengunjungi puluhan kota besar yang keren di dunia namun Moscow bikin saya terpukau dengan keindahan dan keramahan warganya.

Saya sangat menikmati setiap sudut kota ini. Disini kami harus mengurus beberapa keperluan seperti apply visa Jepang dan juga Mongolia. Semua berjalan lancar tanpa kendala. Waktunya untuk berpisah dengan Moscow. Dari halaman KBRI Moscow, Duta Besar Pak Wahid Supriadi Bersama staff akhirnya melepas perjalanan Wheel Story bersama Honda CRF250 Rally untuk menuju destinasi selanjutnya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK