NEWS
DETAILS
Rabu, 14 Sep 2016 01:23 - Honda Community

Setelah Victoria akhirnya kami pun mengeksplore daerah South Australia. Salah satu yang menarik adalah Flinders Ranges National Park, yang sekitar 200 Km di utara Adelaide. Daerah yang memiliki pegunungan terbesar di Australia selatan ini memang menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Australia bagian selatan. Dan karena keunikan flora dan faunanya menjadikan kawasan taman nasional ini sebagai taman nasional terbaik di Australia.

Awal mengarah ke Flinders Ranges memang agak bosan dengan jalanan lurus yang tak henti-hentinya dari Adelaide hingga Port Augusta, namun sensasi berkendara mulai terasa sewaktu berbelok arah ke kanan sebelum Port Augusta menuju Flinders Ranges. Namun saya harus benar-benar pastikan bensin terisi penuh karena bakalan panjang jaraknya antara desa ke desa bahkan hingga 100 Km lebih baru ada Pom Bensin lagi karena setelah masuk Taman Nasional ini kitapun harus sedikit keliling untuk melihat lebih dekat dan detail akan flora dan faunanya.

Bahkan kitapun melakukan kemping untuk bisa menyatu dengan alam disini namun perbekalan makanan pun sudah kami siapkan, termasuk ijin kemping di kawasan yang dibuka untuk kemping, karena tidak boleh sembarangan kalau tidak bisa di denda yang lumayan besar. Kitapun harus registrasi dulu di gerbang perbatasan Taman Nasional namun uniknya disana tidak ada yang jaga, jadi disini hanya kejujuran saja, kita isi sendiri folmulir yang disediakan di pos lalu masukan uang retribusi di amplop dan tinggal isi di kotak, nanti apabila aad swiping dari Ranger maka kita sudah mengantongi ijin kemping dan masuk Flinders Ranges, wahh betul betul unik.
 

Jalanan outback, saya libas dengan mantab, biarkan debu bertebaran, maklum kebanyakan rute selalu aspal yang saya ambil di Australia, jadi disini bisa main offroad sepuasnya namun tetap menjaga konsentrasi. Kamipun kemping di bagian timur dari Flinders Ranges, saya dapatkan salah satu campsite dari puluhan yang ada disini, ternyata tempatnya asik, bersih dan selain kami ada 1 mobil 4x4 dengan caravan yang ada. Malam itu kita menikmati langit yang supergelap untuk melihat Milkyway walau udara dingin menusuk. Belum lagi berbagai burung berterbangan dipagi dan sore hari sekitar sini, dikelilingi hutan Pinus dan tanak kangguru, Wallaby dan Emu mencari makan sekitar tenda kami.
Ini merupakan pengalaman yang luar biasa sebagai seorang petualang bermotor.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK