NEWS
DETAILS
Selasa, 16 Jan 2024 07:37 - Paguyuban Honda Banten

Kondisi ban menjadi salah satu perhatian utama pengendara motor saat musim hujan. Selain basah, permukaan jalan saat hujan pun terdapat pasir, lumpur dan lainnya yang terbawa air. Pemilihan jenis ban motor yang tepat pun menjadi faktor penting. Karena dapat menjaga motor tetap dapat bermanuver dengan aman di jalan basah.

Jenis ban yang harus dipakai tentunya adalah ban yang tidak licin. Sebab, di musim penghujan, permukaan jalan sering basah dan jika tidak berhati-hati saat bermanuver bisa tergelincir. Nah, di pasar tersedia beragam desain ban motor yang bisa dipilih. Berikut ini beberapa langkah untuk memilih ban motor yang aman untuk musim hujan.

Pastikan memilih ban yang memiliki banyak alur pada telapaknya. Hal ini dapat memudahkan dalam berkendara di jalan yang basah dan licin. Sebab, air hujan lebih mudah tersalurkan melalui alur pada permukaan ban yang menuju dinding ban. Sehingga pengendara pun terhindar dari tergelincir.

Tidak direkomendasikan menggunakan ban dengan tapak kecil di jalan basah. Hal ini dikarenakan permukaan ban yang kecil membuatnya rentan tergelincir di jalan.

Sesuaikan tekanan ban dengan benar sesuai standar. Saat di jalan yang basah karena hujan, jika tekanan ban terlalu tinggi membuat ban tidak dapat mencengkeram permukaan jalan dengan baik. Kondisi ini justru membahayakan pengendara dan dapat membuat tergelincir. Sedangkan jika tekanan ban terlalu rendah, ban pun lebih mudah aus.

Bagi pengendara yang suka berkendara dalam rutinitas keseharian, ban dengan motif yang searah lebih direkomendasikan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK