NEWS
DETAILS
Sabtu, 29 May 2021 13:05 - Honda Community

Tak seorang pun di dunia ini yang tahu kapan dan dimana sebuah musibah akan dihadapinya nanti. Makanya harus selalu waspada dan hati-hati demi menjaga keselamatan diri sendiri, termasuk saat sedang mengendarai sepeda motor agar diwajibkan selalu memakai helm.

Manfaat helm sebagai pelindung kepala pengendara bila sewaktu-waktu terjadi benturan yang mungkin saja terjadi kecelakaan atau karena hal lainnya yang tidak diinginkan.

Nah, ada sedikit tips nih yang akan berguna bagi keselamatan Brader saat berkendara di jalanan. Ada beberapa jenis helm dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang berbeda, berikut ulasannya :

Full dan Open Face Helmet

Salah satu jenis helm yang paling banyak di minati adalah model open face dan full face. Banyak terlihat di jalanan terutama mereka yang memakai motor cc besar menggunakan helm tipe ini karena dianggap paling aman untuk melindungi bagian kepala.

Perbedaan helm open face dan full face, keduanya mempunyai keistimewaan masing-masing. Untuk helm open face sendiri, pengendara dapat bernafas dengan leluasa. Namun dari segi lain, helm open face dirasa kurang aman dibanding helm full face.

Helm full face, sedikit terasa panas dan pernafasan sedikit kurang nyaman, namun helm full face mempunyai keunggulan lebih baik dari sisi perlindungan.

Berdasarkan pengujian, bagian kepala yang biasa mengalami benturan ketika kecelakaan yaitu bagian dagu, hingga menyentuh angka 34,6 %. Bagian dahi berada di peringkat kedua mencapai angka 18,3%. Lebih baik memang untuk memakai jenis helm full face, supaya aman terhindar dari debu dan tergores aspal saat terjatuh.

Modular Helmet

Untuk jenis helm ini merupakan salah satu jenis Helm yang biasa dipakai oleh pengendara sepeda motor di Indonesia. Helm ini telah dilengkapi kaca pada bagian depan yang berguna melindungi wajah dari terpaan debu, angin, dan juga air hujan.

Selain itu, perlindungan di bagian kepala atas, wajah sampai telingga akan diberi perlindungan dari helm ini. Namun seandainya bila terkena kecelakaan, Helm ini tidak memiliki fungsi perlindungan dibagian dagu sampai mulut yang kemungkinan dapat terbentur.

Nah, itulah tips untuk memilih jenis helm yang biasa dipakai oleh pengendara bermotor. Semua jenis Helm tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Yang paling terpenting adalah, supaya ketika mengendarai sepeda motor harus wajib memakai Helm agar aman demi menjaga keselamatan dan selalu berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK