NEWS
DETAILS
Rabu, 07 Apr 2021 19:00 - Asosiasi Honda Sumatera Barat

CVT (continous variable transmission)

Transmisi yang dipakai mayoritas motor matic yang ada di indonesia Dan gak sedikit orang gak terlalu merawat bagian ini sehingga muncul banyak suara suara aneh.

Tapi gak khawatir,suara suara ini merupakan tanda part dari CVT ada yang bermasalah

1. Dengung saat digas

Selain berdengung bisa juga ada suara seperti gear yang bergesekan tapi gak presisi . ini bakalan kedengaran di RPM bawah atau di atas , jangan di dibiarkan terlalu lama kalau gear rasio udah kena , bikin isi dompet mu menipis gara gara ini

2. Suara berdecit

Kalau suara berdecit yang muncul pas digas awal, suaranya macam kaya karet ketemu besi. Ada beberapa sumber yang bisa jadi masalahnya yaitu ;

-CVT yg udah getas

-kampas kopling kotor

Jadi tinggal ganti aja V-belt nya atau bersihin aja area kampas koplingnya

3. Klotrak-klotrak

Kalau suara motor anda berbunyi klotrak klotrak di bagian CVT biasanya roller/rumah roller nya sudah aus, entah rollernya sudah kemakan atau sirumah rollernya dimana pembatas antara roller nya yang sudah kemakan. Efek roller ini selain suara klotrak-klotrak top speed berkurang dan gas atas nya ngedat. Usia roller pada umumnya 20.000-24.000 km.

4. Bukan Cuma suara

Ada juga beberapa tanda lain yang berkaitan dengan kerusakan komponen CVT.

“endut-enditan” saat digas awal bisa jadi pertanda rumah kampas gandanya udah kena , ini akibat keseringan habis digas terus di rem, atau keseringan gas sambil rem. Efeknya rumah kampas kopling nya gak jadi rata.

Bisa sih diakalin, Cuman modal amplas,bisa diratain lagi rumah kampasnya tapi kalau lebih enak sih ya diganti aja biasa nya sih budget 140 -200 ribu.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK