NEWS
DETAILS
Jumat, 19 Mar 2021 12:04 - Honda Community

Visor merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada helm. Komponen ini berupa sebuah kaca yang terletak di bagian depan dan memiliki fungsi sebagai pelindung pandangan pengendara dari debu, pasir, hewan-hewan kecil atau bahkan sinar matahari.

Dengan adanya kaca helm ini, pengalaman berkendara Brader akan jauh lebih nyaman dan menyenangkan tanpa ada gangguan mata yang tiba-tiba kelilipan.

Sayangnya, meski memiliki peranan yang cukup penting, banyak orang yang memiliki helm tanpa visor. Komponen ini biasanya sengaja mereka lepas karena bagi sebagian orang kaca helm dianggap pengganggu, terutama jika sudah dalam kondisi kendor dan kotor.

Bagi Brader yang tidak nyaman menggunakan helm dengan visor kotor, kini tak perlu khawatir. Karena dengan sedikit penanganan yang lebih ekstra, Brader sudah bisa mengembalikan kaca tersebut menjadi jernih seperti semula.

Tips Membersihkan Kaca Helm

1. Lepaskan kaca helm terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Brader lakukan adalah melepaskan kaca helm terlebih dahulu. Sebenarnya langkah yang satu ini opsional atau tergantung dari preferensi Brader. Jika Brader sedang terburu-buru dan tidak sempat melepasnya, tentu tidak masalah untuk langsung membersihkan kaca helm yang masih terpasang.

Hanya saja, kaca helm yang masih dalam kondisi terpasang ini akan membatasi gerak Brader pada saat melakukan pembersihan.

2. Basahi kaca helm terlebih dahulu

Langkah selanjutnya, Brader harus membasahi kaca helm tersebut dengan air bersih atau boleh juga dengan air sabun. Ini bertujuan untuk menghilangkan seluruh debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca.

Karena seperti yang kita tahu, keberadaan kaca helm memang digunakan sebagai penangkal dari debu ataupun benda asing yang dapat berpotensi mengganggu pandangan pengendara. Maka dari itu, seringkali kita bisa melihat jelas debu, pasir atau kotoran lain yang menempel pada bagian permukaan kaca.

3. Gunakan visor cleaner

Sesuai namanya, alat ini dibuat secara khusus untuk membersihkan permukaan kaca helm yang kotor dan memiliki noda yang membandel. Brader bisa menemukannya dengan mudah di toko-toko otomotif atau dengan membelinya secara online.

Perlu diketahui bahwa produk visor cleaner yang bagus ialah yang terbuat dari alcohol-based. Di mana produk dengan komposisi tersebut akan jauh lebih mudah menguap dan tidak akan meninggalkan noda bekas cairan.

Untuk menggunakannya, Brader hanya perlu menyemprot atau mengoleskan alat tersebut pada permukaan kaca helm. Tunggu sekitar 2-5 menit barulah Brader bisa mengelapnya dengan kain microfiber yang bersih dan lembut atau bisa juga dengan menggunakan tisu.

4. Bilas kaca helm dengan air bersih

Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah Brader lakukan, berikutnya Brader hanya perlu membilas kaca helm tersebut menggunakan air bersih dan mengelapnya sampai benar-benar kering. Tujuannya agar kaca helm tidak lembab dan bekas air yang dibasuhkan tadi tidak membekas.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan langkah-langkah membersihkan kaca helm agar kembali jernih seperti semula. Setelah berhasil membersihkannya, jangan lupa untuk terus memberikan perawatan secara rutin pada komponen helm tersebut ya, brad. 

Selalu lap kembali helm sebelum atau setelah digunakan. Hindari juga meletakkan helm di bawah terik sinar matahari karena dapat memicu faktor terjadinya kaca helm yang cepat kusam dan buram. 

Selain itu, jika helm baru saja digunakan untuk berkendara di tengah hujan, jangan lupa untuk segera membilasnya dengan air bersih dan mengelapnya.

Hal ini untuk menghindari terjadinya karatan pada beberapa komponen besi pada helm serta agar kaca helm tidak lembab dan memicu tumbuhnya jamur.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK