NEWS
DETAILS
Sabtu, 30 Jan 2021 13:21 - Honda Community

Memeriksa kondisi beberapa bagian pada motor sebelum berkendara merupakan salah satu bentuk upaya dalam menciptakan pengalaman berkendara yang aman atau safety riding. Mengingat masing-masing komponen pada kendaraan memiliki fungsi yang krusial dan saling berhubungan satu sama lain.

Maka ketika satu komponen rusak, hal tersebut dapat memicu kerusakan juga pada perangkat yang lain. Nah, untuk menghindari hal ini, karenanya Brader disarankan untuk mengecek setiap komponen pada motor agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.

Kira-kira apa saja ya yang perlu dicek sebelum berkendara? Jika itu yang ada di pikiran Brader saat ini, artinya artikel ini memang diperuntukkan bagi Brader.

Komponen Motor yang Harus Diperiksa Sebelum Berkendara

1. Tekanan angin pada ban motor

Kondisi ban motor dapat mempengaruhi pengalaman berkendara Brader selama di jalan. Jika tekanan angin dalam ban motor terlalu rendah, ini akan membuat motor Brader berjalan lebih lambat meski dengan kecepatan yang sama.

Sedangkan, tekanan angin pada kendaraan yang terlalu tinggi juga dapat membuat ban menjadi licin karena permukaan yang bergesekkan dengan aspal hanyalah sedikit. Ketika Brader melakukan pengereman pun, gesekan ban dengan aspal juga akan berkurang dan tidak maksimal. Alhasil, untuk menghentikan kendaraan yang sedang berjalan, Brader harus membutuhkan waktu sedikit lebih ekstra.

Maka dari itu penting untuk mengetahui tekanan angin yang ideal bagi ban motor Brader dari awal, ya.

2. Fungsi rem motor

Seperti yang kita tahu, banyak laka lantas yang terjadi dikarenakan rem kendaraan yang blong. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Brader perlu mengecek kondisi rem sebelum berkendara. Pastikan rem depan maupun belakang pada motor Brader masih berfungsi secara normal.

Jika kampas rem sudah aus, sebaiknya segera diganti agar tidak membuat sistem pengereman jadi berkurang kinerjanya.

3. Periksa kondisi busi

Meskipun kecil, busi memiliki peranan yang cukup besar dari operasional sebuah kendaraan. Fungsinya membantu proses pembakaran sehingga motor dapat digerakkan. Jika terdapat masalah pada busi, motor Brader pun bisa mogok sewaktu-waktu.

Nah, untuk menghindari kejadian ini, mengecek kondisi busi sebelum berkendara dapat dijadikan solusi. Umumnya, busi memiliki usia pakai setelah digunakan berkendara sekitar 10,000 kilometer. Lebih dari itu, sebaiknya Brader segera melakukan penggantian.

4. Cek juga kondisi aki motor

Selain busi, aki motor juga menjadi salah satu komponen penting yang lain. Fungsinya adalah menyuplai listrik ke komponen-komponen yang membutuhkan. Seperti starter, lampu dan lain-lain.

Jadi, kalau aki motor Brader soak dan dipaksa untuk berkendara, ini dapat memicu terjadinya efek domino. Yakni, dapat menimbulkan kerusakan pada komponen kelistrikan yang lain pada kendaraan. Mulai dari kiprok hingga CDI bisa terkena dampak dari aki yang soak.

5. Lampu pada kendaraan

Selanjutnya, Brader juga harus mengecek kondisi lampu. Pastikan seluruhnya bisa menyala dengan normal. Mulai dari lampu sein depan belakang, lampu rem hingga lampu depan kendaraan yang berfungsi sebagai penerangan.

Sebab, masing-masing lampu ini memiliki peranan yang tak kalah pentingnya. Seperti lampu sein yang berguna sebagai pemberi informasi pada pengendara lain di belakang kita, bahwa kita akan berbelok atau menepi ke pinggir jalan.

Itulah tadi beberapa komponen pada kendaraan yang harus Brader periksa sebelum berkendara. Dengan memperhatikan kondisi kendaraan Brader secara rutin, maka kerusakan dan risiko saat berkendara di jalan pun bisa dihindari. Selamat berkendara!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK