NEWS
DETAILS
Sabtu, 10 Oct 2020 14:48 - Honda Community Jawa Timur


Musim penghujan diperkirakan akan datang pada bulan November. Persiapan meski dilakukan para pengendara motor, biker untuk Cari_Aman berkendara pas hujan ini.

Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim distributor motor Honda Jatim dan NTT berbagi tips perispan menjelang musim penghujan ini. Saat hujan tiba-tiba turun, sudah siap.

1. Perlengkapan Berkendara ( Riding Gear )
Perhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, celana panjang , masker dan memakai alas kaki tertutup serta jas hujan. Sebaiknya pilih jas hujan model baju dan celana agar lebih nyaman berkendara dan  melindungi tubuh ketika terjatuh.
Keringkan jas hujan yang telah dipakai dengan cara diangin - anginkan. Dan setelah kering dapat disimpan di dalam bagasi motor agar tidak ketinggalan. Beberapa produk type skutik dari Honda yang mempunyai bagasi yang luas seperti Honda Vario, Honda PCX dan Honda ADV150. 
Dengan bagasi yang luas pengendara dapat menyimpang berbagai perlengkapan berkendara agar tidak tertinggal

2.  Cek kondisi kendaraan
Cek secara berkala kondisi kendaraan yang akan kita pakai seperti ban. Segera ganti ban yang mulai gundul agar pada waktu melewati jalan licin dan basah tidak terjadi slip.
Bagi konsumem Honda yang tidak mempunyai waktu untuk perawatan motornya, AHASS mempunyai program layanan service jemput dan home service.

3. Hindari pengereman mendadak. 
Pengereman mendadak bagi yang tidak siap bisa mempengaruhi keseimbangan dan handling. Resiko jatuh.

4.Jaga jarak aman  dan tingkatkan kewaspadaan 
Ketika hujan deras visibilitasnya akan menurun. Jalan basah dan lebih licin. Menjaga jarak dengan pemakai jalan lain penting. Pandangan mata jauh kearah yang dituju. 

5. Pastikan  Lampu Kendaraan menyala
Agar mudah terlihat oleh pengendara lain ketika hujan, pastikan lampu motor menyala dengan baik.

6. Hindari melintasi rel kereta api
Ketika turun hujan rel menjadi basah dan licin apabila tidak berhati- hati bisa mengakibatkan Motor tergelincir. "  Apabila rute perjalanan yang akan kita tuju harus melewati rel kereta api sebaiknya kurangi kecepatann. Dan pada saat melintasi rel kereta api posisi  roda menyerong dengan posisi  roda memotong  Rel Tegak lurus dan hindari penggunaan rem depan" kata Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda.

7. Hindari banjir.
Jika keadaan hujan  memburuk, lebih baik berhenti untuk berteduh agar terhindar dari kecelakaan yang diakibatkan oleh alam dan lingkungan.   “Yang tak kalah penting pastikan kondisi kesehatan kita fit sebelum berkendara " tutup Hari.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK