Senin, 27 Jul 2020 15:17
Koentoel Soerobojo

Teromol Belakangmu Sering Berbunyi? Coba Bikin Kanvas Remnya Begini.

Assalamu'alaikum wr wb

Selamat berkatifitas dengan semangat tetap patuhi protokol kesehatan yang ada dan jangan terlalu panik dengan keadaan yang ada saat ini biar imun kita ikutan seterong ya ges.

Lama kagak muncul di dunia tulis menulis nih, udah lama juga mimin kagak nongol ya, maklumin aja ya ges karena kesibukan serta belum ada wangsit untuk mengoceh di mari lagi. Kali ini mimin dapat wangsit dari si abang "ghoib" buat ngasih tips yang bisa dibilang sering dan jarang sih. Kenapa dibilang jarang? karena kalau dinilai kurang dikit masuk akal namun kalo diterapin bisa bikin hati agak tenang dikit dari bisikan mesra dari "si abang rem" ini. Bisa dibilang sering karena mimin sering nerapin dan agak manjur juga sih heheheheheh. Ok langsung aja kita ke topik.

Sering kesel banget kan ya lagi enak - enak jalan eh ada sesuatu yang harus bikin kita harus ngurangi laju motor kita apalagi dibarengi dengan bisikan rindu eneng rem terutama rem teromol, nah ada beberapa faktor ntu yang bisa bikin si eneng rem bisikin kita dengan mesra, apalagi saat motor nginep semalam aja atao sepanjang perjalanan kita. Nah setelah mimin gali lebih dalam dengan kajian - kajian yang mimin dapetin waktu masih "makan bangku sekolah", kalo bisikan rindu tersebut bisa jadi disebabkan:

1.  Kotoran yang disebabkan kanvas rem yang sudah bergesekan dengan rumah teromol.

     Kotoran akibat kanvas rem kita gunakan terus menerus bisa menghambat daya rem terganggu dengan sempurna, dikarenakan ada kotoran diatas permukaan kanvas rem sehingga saat motor kita rem kotorna tersebut menghambat daya pengereman antara kanvas rem dengan rumah teromol.

 

2. Bisa jadi juga usia kanvas rem yang udah menua.

    Gak hanya kita yang mengendarai motor aja yang tua, usia komponan motor/kendaraan juga bisa menua, karena pabrik bikin sparepart gak mungkin semuanya terjual sold out kan ges, mesti bertahap. Nah mungkin saat kita beli kebetulan udah keluar lama dari pabrik serta saat kita gunakan tidak bisa optimal dan ketahanan terhadap panas juga sudah mulai berkurang jadi kanvas rem lebih mudah untuk mengeras sehingga mengurangi daya cengkeram kanvas rem dengan rumah teromol sehingga ada bisikan rindu dari si eneng rem kan ya.

 

3. Kondisi kanvas rem yang udah terlalu matang.

    Kembali ke no 2 ntu bisa juga kanvas rem yang kita gunakan tidak tahan terhadap panas berlebih akibat gesekan antara kanvas rem dengan dengan rumah teromol, mimin saranin untuk pakai sparepart original yang udah disarankan sama bengkel resmi Honda atau enggak dikarenakan kembali ke Kahanan (ngepasi kantong) ya cari Kanvas rem aftermarket yang menurut kalian udah kalian cobain selama ini aja. Kalo mimin sihhhh, kagak ahh ntar kenak semprit wkwkwkwk.

Jadi untuk tips yang mimin suarakan coba kalian bikin goresan - goresan seperti kisi - kisi pada blok mesin kan. nah fungsi dari kisi - kisi blok mesin kan untuk pembuangan panas mesin sehingga mesin kalian kagak overheat. Nah sama nih kalo kalian terapin ke kanvas rem jadi Goresan tersebut ntar tujuannya:

 

1. Mengurangi panas akibat geserakan kanvas rem dengan rumah teromol.

2. Kotoran akibat kanvas rem yang ada di dalam teromol jadi berpindah ke celah - celah yang loe buat sehingga permukaan kanvas rem bisa menekan dengan optimal rumah teromol dan bisa kagak dibisikin mesra lagi ama eneng rem.

3. Dikarenakan dibuatin celah - celah sehingga permukaan kanvas rem sedikit agak kasar, ntar bisa pengaruh juga pada pengereman jadi lebih seet dikit. tapi tetep teknik pengereman yang udah pernah mimin upload sebelum negara api menyerang wkwkwkwk yang diajarin sama Team Instruktur Safety Riding All Main Dealer ya ges.

Nah mimin rasa sekian dulu cuitan mimin kali ini semoga mimin bisa nemu banyak topik untuk mimin bagikan ke kalian semua dengan topik lain yang gak kalah asik. And as Always Semoga Tips yang mimin ulas kali ini bisa bermafaat bagi kalian semua. Saran Kritiknya bisa cantumin di kolom Komentar ya yang membangun bisa mimin jadiin inspirasi dan topik selanjutnya, yang negativ semoga bisa berkarya dengan baik dan bermanfaat untuk semuanya

Wassalamu'alaikum wr wb

Rizky Mega Darmawan
 

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 27 Jul 2018 12:41
Koentoel Soerobojo

Kendala yang Terdapat Pada CVT Berikut Penyebabnya! (Part 1)

The Last of us
Jumat, 29 Jun 2018 08:25
Koentoel Soerobojo

Sambung Kabel Pake Sekun, Jangan Asal Sambung

The Last of us
Minggu, 17 Jun 2018 23:18
Koentoel Soerobojo

Handgrip udah keras? Segera Ganti Baru

The Last of us
Selasa, 12 Jun 2018 12:25
Koentoel Soerobojo

#CaRi_aMaN saat Mudik kuy! Bawa seperlunya

The Last of us
Selasa, 29 May 2018 03:51
Koentoel Soerobojo

Bermodal Benda Ini Bisa Amankan Wiringmu

The Last of us
Jumat, 18 May 2018 20:25
Koentoel Soerobojo

Ketok Magic Part Part Platik Motor Loe

The Last of us
Kamis, 25 Jan 2018 11:36
Koentoel Soerobojo

Bingung Dengan Wiring Diagram Motor Anda Check it out!!!