NEWS
DETAILS
Sabtu, 30 May 2020 11:04 - Honda Community Jawa Timur

Semua orang dalam berkendara tentu mendambakan selamat dan aman sampai ke tempat tujuan. Maka itu Cari_Aman dalam berkendara penting.

Dalam Ngoprek (Ngobrol Online Seputar Komunitas) Safety Riding Jatim pada Jumat malam pukul 19.00 WIB live di instagram @hondampmjatim membahas persiapan sebelum berkendara untuk bisa Cari_Aman di jalan hingga sampai di tujuan. Hari Setiawan instruktur safety riding MPM Honda Jatim dan peraih runner up di kompetisi safety riding Honda di Jepang tahun 2018 menjadi nara sumber dengan host Ilham Santoso.

Persiapan Sebelum Berkendara ini dimulai dengan streaching. Melakukan pemanas  pada anggota tubuh dengan menggerakkannya  supaya anggota tubuh tidak kaku dan siapa diajak untuk berkendara.

“Streaching ini bertujuan untuk mereview kondisi tubuh. Meningkatkan konsentrasi dan reflekhelm

sarung tangan anggota tubuh dalam mengendalikan dan membawa kendaraan,” buka Hari Setiawan.

Streaching dimulai dari bawah. Mulai kaki, pinggang, tangang, leher dan kepala digerakkan terutama pada bagian pergelangan.

Persiapan berikutnya pada perlengkapan berkendara. Menyiapkan dan memakai  riding gear yang aman dan nyaman.

Memakai riding gear yang aman dan nyaman penting untuk meminimkan resiko yang terjadi pada tubuh ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti jatuh.

Riding gera yang dipakai ini dari helm yang baik. Helm standar SNI, dipakai pas dan nyaman. Ketika digunakan tali pengikatkan bisa mengikat dengan baik dan gak terlalu longgar maupun rapat.

Memakai jaket atau baju lengan panjang yang melindungi tubuh dan nyaman. Pakai sarung tangan yang menutup seluruh jari. “Penting pakai sarung tangan karena biasanya saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti jatuh , tangan yang akan menopang tubuh. Maka itu tangan perlu dilindungi untuk meminimkan resiko,” jelas hari.

Menggunakan celana panjang hingga memudahkan kaki bergerak.  Memakai sepatu yang melindungi kaki.

Selanjutnya mengetahui kondisi lingkungan sekitar.  Jalan yang dilalui aman dan baik atau ada bahaya yang sebaiknya dihindari dengan mencari jalan alternatif yang aman.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK