NEWS
DETAILS
Kamis, 05 Mar 2020 12:54 - Honda Community

Masih saja banyak orang yang “maksa” untuk mengangkut barang menggunakan sepeda motor roda dua. Hal ini pastinya sangat rentan akan keselamatan karena sejatinya sepeda motor adalah angkutan orang.

Kalau memang terpaksa melakukannya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah tekanan angin ban dan pengaruhnya terhadap pengendalian.

Tekanan angin ban yang ideal motor bebek atau skutik antara 28-30 psi untuk ban depan. Sedangkan untuk ban belakangnya 33 – 34 psi. Lalu untuk motor sport, tekanan ban depan 30 psi dan ban belakang 34 psi.

Saat motor kerap dipakai bawa barang banyak, ada baiknya tekanan angin ban belakang ditambah. Untuk motor bebek dan skutik bisa menggunakan tekanan ban 35-36 psi. Sebenarnya, asumsi ini tak jauh berbeda bila motor sering dipakai boncengan. Tekanan ban belakang ditambah.

Namun, tekanan angin ban yang keras seperti ini bukan tanpa efek samping. Dikutip dari berbagai sumber, ban motor yang terlalu keras bisa bikin bagian tengahnya cepat habis. Sebaliknya, bila ban motor terlalu rendah, bisa berpengaruh langsung terhadap pengendalian.

Bukan cuma itu, tekanan angin yang terlalu rendah juga bisa bikin ban cepat rusak dan konsumsi bensin boros.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK