NEWS
DETAILS
Rabu, 11 Sep 2019 15:37 - Honda Community

Jika brader jadi pusat perhatian tentu senang dong, tapi kalau jadi pusat perhatian karena rem berdecit tentu bakal enggak enak. Terlebih usai motor disiram air hujan atau dicuci, maka ada beberapa kendala pada rem ini kerap muncul.

Kotoran pada kampas rem, piringan, atau cakram jadi inti masalah mendecit. Akan lebih sering muncul jika dalam kondisi basah.

"Bunyi berdecit itu umumnya datang karena ada kotoran di dalam kampas rem. Masalah lebih sering muncul saat musim hujan karena air yang menciprat mengandung kotoran. Karena hinggap di mekanis rem, makanya muncul bunyi tak sedap itu," ucap Sarwono Edi, Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM).

Bunyi berdecit sendiri umumnya lebih sering muncul di rem bertipe teromol. Karena saat kampas rem tergerus dengan lapisan teromol, kotorannya terperangkap dan tidak bisa keluar.

Saat musim hujan, air akan masuk ke teromol dan membawa kotoran ke jalur kampas rem. Jadi saat kampas rem menekan teromol, ada kotoran yang hinggap dan menimbulkan bunyi berdecit.

Tipe rem cakram sendiri ada beberapa yang mengalami masalah berdecit. Namun biasanya lebih jarang karena cakram pada sepeda motor didesain berlubang yang salah satu fungsinya untuk menyaring kotoran pada cakram. Apalagi posisi rem cakram terbuka, jadi kotoran lebih mudah keluar.

Nah, selagi menunggu waktu berbuka alias ngabuburit. Bro/sis bisa hilangkan suara berdecit ini dengan mudah. Tentu harus siapkan kunci-kunci yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Setelah bagian pengereman dibongkar, pasti pernah mendengar memberi air sabun pada rem akan membuat rem lebih menggigit. Hal itu benar, karena air sabun akan membuat kotoran yang hinggap di kampas rem, teromol, atau cakram hilang. Efeknya rem jadi lebih pakem.

Brader bersihkan dengan air sabun semua komponen yang berhubungan dengan pengereman tersebut. "Kalau dicuci jelas perangkat pengereman jadi lebih menggigit. Karena kotoran yang menutupi pori-pori kampas rem akan menghilang, permukaan kampas rem pun kembali kasar. Makanya jadi lebih menggigit," jelas Edi yang ramah ini.

Gak jadi pusat perhatian lagi deh.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK