NEWS
DETAILS
Kamis, 11 Apr 2019 15:13 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Cuaca saat ini sangat tidak menentu, jika di pagi hari diawali dengan kondisi cuaca yang cerah, tidak jarang selepas melewati tengah hari hujan deras disertai petir kadang hadir sehingga bagi kita yang beraktifitas menggunakan sepeda motor kadatang sedikit terhambat.

Saat hujan deras turun kita yang menggunakan sepeda motor disarankan untuk menepi dan berteduh untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan, namun jangan juga berteduh di dekat pohon karena pohon besar kadang menjadi sasaran dari sambaran petir.

Jika terpaksa kita harus menerobos hujan deras ada beberapa tips yang bisa jadi panduan untuk kawan-kawan dalam menerobos hujan dengan sepeda motor.

Gunakan pakaian untuk yang pas ketika turun hujan.

Ketika terpaksa harus melewati jalan saat hujan kawan-kawan diwajibkan untuk menggunakan pakaian untuk hujan-hujanan seperti jas hujan sepatu dan jangan lupa tetap menggunakan sarung tangan..

Hindari penggunaan jas hujan model ponco karena khawatir terlilit rantai atau roda motor. Jika diperlukan biasakan juga membawa pakaian ganti jaga-jaga kalau pakaian yang kita gunakan basah.

Untuk helm, lebih baik memilih helm yang dilengkapi kaca anti kabut. Kaca ini bisa menjaga pandanganmu tetap terjaga, terutama saat malam hari.

Kendarai sepeda motor dengan hati-hati.

Saat hujan, jalanan menjadi lebih licin kawan-kawan sebaiknya mengendalikan kecepatan dan tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena proses pengereman saat hujan akan berbeda dengan saat jalanan kering. Salah-salah ketika melakukan pengereman mendadak bisa-bisa ban motor menjadi slip dan kawan-kawan bisa terjatuh

Selalu berhati-hati ketika melewati persimpangan jalan atau tikungan.

Di persimpangan jalan atau tikungan, ada saja kendaraan yang kadang karena kondisinya sudah tidak fit menumpahkan cairan seperti oli atau bahan bakar yang membuat jalanan menjadi licin

Waspada genangan dan trotoar.

Ketika musim hujan, kondisi jalan kadang menjadi tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air sehingga tidak sedikit pengendara yang terjatuh karena lubang yang tertutup genangan air. Saat genangan air semakin tinggi kadang trotoar juga tertutup nah ada juga pengendara sepeda motor yang kadang terjatuh karena menabrak trotoar yang tertutup genangan air.

Carilah jalan yang paling kering.

Ketika hujan deras turun carilah jalan yang genangan airnya relatif lebih sedikit hal ini untuk mempermudah bermanuver dan mencegah terjadinya lapisan air yang membuat ban motor kita tidak menyentuh aspal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK