NEWS
DETAILS
Senin, 18 Feb 2019 07:37 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Offroad atau biasa juga ada orang yang menyebutnya nga"jalur" merupakan salah satu hobi yang banyak diikuti oleh para pengguna Honda CRF150.

Nah kegiatan offroad ini meskipun bisa dibilang juga kegiatan olah raga, namun punya resiko yang cukup besar mengingat di alam segala sesuatu bisa saja terjadi tanpa bisa kita prediksi.

Di acara Bikers Camp & Management Club, Kang Kevin dari Bandung CRF berbagi tips kalau ingin kegiatan offroad menyenangkan kita diwajibakan menggunakan safety gear selama kegiatan nga"jalur" tersebut.

Safety Gear yang digunakan harus lengkap karena safety merupakan hal yang wajib hukumnya dalam kegiatan offroad. Safety Gear yang harus digunakan selama kegiatan offroad adalah:

Helm

Helm merupakan protective gear yang paling wajib dipakai ketika kegiatan off road, karena fungsinya melindungi kepala, sebuah bagian yang sangat vital bagi tubuh… Pilihlah helm yang benar-benar fit di kepala… Jangan yang sempit, tapi jangan juga yang longgar. Lebih baik gunakan helm untuk kegiatan offroad yang bentuknya lebih moncong untuk mengindari terjadinya cedera ketika terjatuh.

Goggles

Karena helm yang digunakan untuk offroad tidak memiliki visor, maka goggles menjadi perlengkapan selanjutnya yang diperlukan untuk melindungi mata dari percikan debu, kerikil, pasir, asap, air, lumpur, hingga melindungi mata dari ranting-ranting pohon yang kerap menyambar.

Sepatu

Sepatu/Boots merupakan perlengkapan berikutnya yang wajib digunakan karena berfungsi untuk melindungi kaki dengan baik ketika terjadi incident maupun accident. Boots yang baik memiliki kontur yang agak kaku, melindungi dari ujung kaki hingga ke tulang kering. Boots yang digunakan untuk off road adventure gunakan boots untuk enduro jangan menggunakan boots MX (motocross) karena untuk off road adventure pilihlah karakter sepatu selain bisa melekat erat di footpeg, juga tidak licin untuk menjejak tanah basah.

Sarung Tangan

Selain helm, goggles, dan sepatu, sarung tangan merupakan piranti yang mutlak ada saat melakukan off road adventure… Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan ketiga terjadi crash… Sebaiknya pilih gloves yang tipis, nyaman, cepat kering kalau terkena basah, namun tetap memiliki protector di bagian punggung tangan.

Pelindung Lutut

Agar memberikan rasa aman yang lebih pelindung lutut bisa memberikan proteksi yang maksimal, khususnya pada bagian lutut, ketika rider mengalami kecelakaan. Paling tidak pelindung lutut bisa memberikan perlindungan tambahan agar rider tidak mengalami cidera yang lebih serius. Pelindung Lutut yang baik adalah yang bisa memberikan perlindungan yang baik terhadap lutut, namun tetap fleksibel dan nyaman dipakai.

Pelindung Sikut

Pelindung sikut atau elbow pads fungsinya kurang lebih sama dengan pelindung lutut… Bedanya, kalau pelindung lutut berfungsi untuk melindungi lutut, elbow pads ini berguna untuk melindungi siku di bagian tangan.

Neck Brace

Neck brace berguna untuk melindungi leher dari cidera yang serius… Konsepnya, neck brace ini meminimalisir pergerakan leher ketika terjadi kecelakaan, sehingga diharapkan leher tidak mengalami cidera.

Body Protector dan Body Armor

Body protector berfungsi untuk melindungi tulang punggung dan tulang rusuk. Namun kalau mau yang lebih lengkap lagi, kawan-kawan bisa menggunakan body armor karena body armor merupakan satu paket pelindung yang terdiri dari body protector, elbow pads, shoulder pads, dan kadang pada beberapa merek tertentu bisa dikombinasikan dengan neck brace.

Perlengkapan untuk offroad terlihat sangat ribet dan mahal namun perlu kawan-kawan ingat bahwa offroad merupakan olahraga ekstrem, kita tidak tahu dalam kondisi apa kita bisa mengalami kecelakaan namun jika sudah mempersiapkan diri setidaknya hal yang fatal bisa kita hindari.

Sedikit tips nih kalau misalnya merasa terlalu mahal untuk safety gear yang diperlukan, paling tidak kawan-kawan bisa menggunakan piranti basic terlebih dahulu seperti helm, goggles, boots, dan gloves ditambah dengan riding pants yang sudah ada soft protector, jadi tidak perlu beli knee brace lagi. Selebihnya, untuk seperti neck brace dan body protector bisa menyusul.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK