NEWS
DETAILS
Senin, 25 Jun 2018 16:52 - Honda Community

Bro, jika anda pengguna motor baru tentu akrab dengan kata-kata inreyen.

Tapi, tahukah kamu apa itu inreyen?

Inreyen atau yang biasa disebut Masa Break-In adalah masa dimana komponen-komponen mesin motor sedang dalam masa penyesuaian.

Lantas, bagaimana Cara Melakukan Masa Inreyen Dengan Benar?

Pertama, usahakan untuk tidak memperlakukan motor anda secara ekstrim pada saat 500 km pertama seperti menekan tuas gas terlalu penuh pada saat start, berkendara dengan kecepatan tinggi, atau melakukan pengereman secara mendadak.

Memaksa motor anda untuk langsung melaju dengan kecepatan tinggi sejak awal digunakan hanya akan memperpendek usia komponen-komponen di dalamnya akibat gesekan yang berlebihan.

Kedua, enggak melulu soal mesin, hindari berkendara secara ekstrim terutama pada saat kondisi jalan basah atau licin.

Ban motor baru anda masih mengalami proses adaptasi sehingga grip yang dihasilkan di atas jalanan masih belum begitu optimal dan beresiko slip.

Selain itu jangan mengangkut beban yang berlebihan pada saat masa inreyen.

Hal ini hanya akan menambah beban kerja komponen-komponen dalam motor anda dan mengurangi usia pemakaian motor anda ke depannya.

Ketiga segera ganti oli motor anda dengan yang baru setelah anda melalui 1000 km pertama.

Hal ini bertujuan agar sisa-sisa partikel hasil gesekan antar komponen seperti serpihan logam pembentuk komponen tersebut dapat larut dan dibuang bersama oli bawaan motor anda.

Jangan ragu untuk menguras oli dalam motor anda meskipun jarak yang anda tempuh masih belum begitu jauh dan umumnya belum diharuskan untuk mengganti oli.

Keempat, patuhilah setiap panduan yang terdapat dalam buku pedoman pemakaian motor.

Meskipun komponen yang terdapat dalam motor anda sudah diuji kualitasnya oleh pihak pabrik, namun pada akhirnya anda lah yang harus menguji performa motor anda sendiri sejak pertama kali digunakan, serta merawatnya agar tetap awet dan bertenaga. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK