NEWS
DETAILS
Senin, 26 Mar 2018 13:32 - Honda Community

Untuk bro/sis Honda Community yang belum menyiapkan perlengkapan hujan, sebaiknya segera siapkan, pilih perlengkapan berkualitas. Karena banyak perlengkapan hujan yang ditawarkan, dengan kualitas bervariasi.

Perlengkapan berkendara khusus musim hujan jangan asal. Perjalanan bakal terganggu kalau perlengkapan yang digunakan tidak melindungi secara maksimal.

Honda Community coba uraikan perlengkapan hujan yang ideal, bagaimana memilihnya, sehingga bisa benar-benar melindungi riding saat hujan. Perlengkapan yang diperlukan, mulai jas hujan, cover sepatu, cover tas.

Jangan salah beli, atau salah pilih. Sudah dibeli mahal, pas dipakai berkendara malah banyak keluhannya. Penting cermati perlengkapan hujan dengan bijaksana. Tetap pertimbangkan keamanan dan kenyamanan.

JAS IDEAL

Jas hujan tentu sangat membantu mobilitas ketika riding di hujan, namun agar enggak timbul masalah dikemudian hari ketika memilih jas hujan, kita harus tahu dan tahu lebih, jas hujan seperti apa yang memang ideal untuk digunakan.

Ideal di sini tentu bisa memenuhi unsur nyaman, safety dan benar-benar bisa melindungi tubuh dari terpaan air hujan.

Ada 5 hal yang penting diperhatikan. Yakni model baju-celana, bahan PVC, jahitan sistem press, pilih warna terang dan tentunya juga sesuai ukuran.

“Jas hujan berbahan Poly Vinyl Chloride (PVC) lebih kedap air dibanding bahan yang lainnya. Itu karena jas hujan berbahan PVC ini memiliki pori-pori yang lebih kecil dari bahan parasut dan plastik,” jelas Agus SIgit Wicaksono, PIC Community dari Wahana Makmur Sejati (WMS), main-dealer Honda Jakarta-Tangerang.

COVER SEPATU

Banyak pengendara salah kaprah. Saat melibas hujan, sepatu dilepas. Takut basah. Cara cerdas melindungi sepatu dengan cover sepatu bisa membantu melindungi sepatu dari basah dan lumpur tanah.

Banyak cover sepatu yang ditawarkan di pasaran. Salah satunya lihat bagian sol di cover. Pilih sol yang bahannya karet dan nggak licin ketika dipakai. Selanjutnya perhatikan bahan. Bahan cover selain antiair (waterproof) juga dipilih yang tidak mudah sobek.

Selama berkendara, aktivitas kaki turun naik, perlu didukung dengan cover sepatu berkualitas. “Bahan yang lentur tidak mengganggu ergonomi kaki. Ketika dipakai naik turun,” terang Erick juragan gerai variasi Pro Rider.

Perhatikan juga penutupnya. Cover sepatu yang ideal tidak hanya mengandalkan satu penutup. Selain ritsleting juga ditambah dengan tali atau perekat agar bisa menutup sempurna dan air tidak mudah masuk atau rembes.

Soal warna bisa diserasikan dengan warna jas hujan, atau sesuai kelir favorit.
Jangan lupa perhatikan juga ukuran. Ukuran cover sepatu yang pas dengan sepatu pasti lebih nyaman dipakai.

COVER TAS

Sebagai pelindung tas dan isinya dari guyuran hujan, pemilihan cover tas penting juga. Pemilihan bahan jelas yang utama. “Bahan tetap pilih yang lembut tapi tetap waterproof baik bagian luar maupun dalamnya,” saran Afyani dari Tri Arga Outdoor Sport di Jl. Meruya Ilir, No. 50, Kembangan, Jakarta Barat.

Selanjutnya perhatikan jahitannya. Cover yang bagus pada bagian jahitannya ada lipatan yang berfungsi menahan rembesan air di antara lubang jahitan. “Bahkan ditambah lagi dengan lapisan seperti selotip,” lanjutnya.

Tali-tali pengikat di belakang tas pun jahitannya rapat sehingga tali nggak mudah lepas dari jahitan. Bahan tali juga lebih tebal dan lentur. Yang lebih penting lagi bagian bawah lekukan cover bisa menutup rapat bagian bawah tas, sehingga air juga tidak mudah rembes ke bagian bawah tas.

Tambahan lagi, terutama buat pengguna skubek yang biasa meletakkan tas di dek tengah. Seringkali tanpa disadari bagian bawah tas basah hingga membuat basah isi bawaan yang ada di dalam.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK