Rabu, 10 Jan 2018 11:41
Koentoel Soerobojo

Pakai "Benda Ini" Bisa Memperpanjang Usia Baterai

Assalamu'alaikum wr wb

Hemm terceletuk beberapa suara yang mendengung di telinga mimin, mengenai baterai/aki yang cepat tekor. Ada yang menyarankan pakai baterai merk inilah, merk itulah yang awet dan tahan lama. Pada umumnya baterai kendaraan ya sama saja yang membedakan hanya isinya menurut mimin. Merk A dan Merk B mungkin ada persamaan, yaaa sama - sama baterailah. Kalau mimin sih gak begitu fanatic dengan merk baterai yang TOP maupun biasa toh fungsinya sama sebagai sumber tenaga listrik dalam sistem kelistrikan. Ups kepanjangan ni curhatnye. mari kita kembali ke topik dengan memasang "benda ini" mampu memperpanjang usia baterai.

Beberapa tahun lalu mimin penasaran dengan "benda ini" menemukan artikel mengenai "benda ini" benarkah memperpanjang usia baterai??? fungsinya seperti apa sih??? yap benar sekali. Namanya Capasitor Bank sesuai dengan namanya Capasitor Bank, pada bahasan elektronika Capasitor memiliki fungsi sebagai penyimpan tegangan listrik dengan waktu sesuai dengan kapasitasnya. Jika beberapa kapasitor disatukan maka kapasitas yang dimilikinya pun ikut bertambah. Selain itu Capasitor bank juga berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik yang dikeluarkan baterai mapun yang masuk ke baterai melalui sistem pengisian.

Kapasitor Bank dirangkai Pararel

Dengan kata lain baterai tidak langsung mengeluarkan tegangan baterai secara penuh namun secara bertahap melalui kapasitor. begitu pula yang masuk ke baterai dari sistem pengisian tidak langsung masuk ke baterai. Dengan kata lain saat sistem pengisian bekerja tegangan DC yang dikeluarkan oleh rectifier/kiprok harus melewati kapasitor terlebih dahulu baru diteruskan ke baterai. Jadi baterai tidak sampai undercharge maupun overcharge sehingga membuat baterai dalam keadaan stabil hingga ketahanan liquid baterai lelah (atau istilah gampangnya baterai jadi awet).

 

Pada motor keluaran terbaru sudah terdapat Capasitor Bank dari Pabrikan seperti pada Honda Verza 150, CB150R Streetfire, CBR150R dll. untuk motor - motor lama perlu dibuatkan sendiri atau beli langsung ke toko - toko elektro sudah tersedia, harganya antara Rp. 500 - Rp. 30.000 tergantung besarnya kapasitas yang tertera pada capasitornya. Pemasangannya pun mudah, pada kapasitor sudah tertera tandanya apada pada sisi kapasitor terdapat tanda (-) itu menunjukkan terminal negatif atau dengan kata lain massa. Cukup hubungkan terminal postif kapasitor ke kutub positif baterai dan terminal negatif kapasitor ke kutub negatif baterai.

Jangan lupa pula guys periksa sistem pengisian motor kalian bisa jadi rectifier sudah tidak bisa menyetabilkan tegangan pengisiannya.

Percobaan pada motor mimin Honda Beat PGM - Fi mulai dari dealar tahun 2014 akhir sampai sekarang masih OK setelah mimin berikan capasitor bank sendiri belum ganti baterai dari dealer.

Selamat mencoba...

Wassalamu'alaikum wr wb

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 25 Jan 2018 11:36
Koentoel Soerobojo

Bingung Dengan Wiring Diagram Motor Anda Check it out!!!

The Last of us
Rabu, 24 Jan 2018 11:39
Koentoel Soerobojo

Pemasangan Asesoris Motor Jangan Lebay

The Last of us
Rabu, 10 Jan 2018 11:41
Koentoel Soerobojo

Pakai "Benda Ini" Bisa Memperpanjang Usia Baterai

The Last of us
Jumat, 22 Dec 2017 14:39
Koentoel Soerobojo

Bunyi "Jedug-Jedung" Coba Periksa Minyak Shock Breakermu

The Last of us
Sabtu, 07 Oct 2017 09:59
Koentoel Soerobojo

Persiapkan Kendaraanmu Sebelum Gas Honda BIkers Day 2017 part 2

The Last of us
Kamis, 05 Oct 2017 09:08
Koentoel Soerobojo

Persiapkan Kendaraanmu Sebelum Gas Honda BIkers Day 2017 part 1

The Last of us
Jumat, 25 Aug 2017 07:53
Koentoel Soerobojo

Mau Upgrade Engine Jangan Sembarangan

INSTAGRAM
FACEBOOK