NEWS
DETAILS
Jumat, 09 Mar 2018 07:46 - Honda Community

Rem parkir atau parking brake layaknya kendaraan roda empat sudah menjadi peranti standar bawaan motor motor matic Honda. Peranti yang bermanfaat bagi penggunanya ini juga perlu peraatan agar tetap berfungsi normal.

Parking brake mengaktifkan rem belakang motor matik, berfungsi ketika motor diparkir pada permukaan yang tidak datar sehingga motor tetap diam di tempatnya, juga berfungsi ketika motor berhenti dalam keadaan mesin menyala, misalkan di perlintasan kereta api atau di persimpangan jalan guna menjaga pengendara lupa dan memutar throttle gas.

Perawatan parking brake ini tidaklah sulit, bisa dilakukan sendiri, karena menggunakan sistem mekanis, maka perawatannya hanya seputar memberikan pelumasan pada bagian mekanisnya, tuas, engsel dan pegasnya cukup diberikan pelumasan dari produk cairan penghilang karat agar tetap berfungsi normal.

Tak kalah penting juga menyetel jarak main rem belakang, karena jika setelan rem terlalu dalam, maka ketika parking brake diaktifkan fungsinya tidak akan maksimal, sebaliknya jika rem belakan di set terlalu tinggi pun rem parkir akan sulit diaktifkan.

Carilah set up yang pas dengan cara memutar setelan rem belakang di bagian paha rem, sambil mencoba mengaktifkan rem parkir sehingga didapat settingan yang pas. 

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK