NEWS
DETAILS
Minggu, 26 Nov 2017 02:40 - Honda Community

Sekring atau fuse meski kecil memiliki fungsi yang besar, mencegah terjadinya korsleting pada sepeda motor. Jika korslet terjadi, sekring akan memutus arus yang mencegah komponen yang dialiri listrik terlindungi.

Bentuknya yang kecil dan agak tersembunyi dibeberapa motor membuatnya sedikit terabaikan, biasanya diletakan didekat accu. Penyakitnya, jika motor masih menggunakan accu tipe basah, rumah sekring ini seringkali terkena cipratan air accu.

Akibatnya adalah rumah sekring yang terbuat dari plastik ini akan meleleh atau pun komponen penghantar listrik didalamnya kengalami korosi yang mengakibatkan arus listrik terhambat.

"Paling buruk adalah keadaan tadi membuat arus listrik tidak mengalir sama sekali yang membuat motor tidak akan hidup. Seperti yang baru saja saya tangani, rumah sekring yang letaknya dekat dengan accu megalami kerusakan oleh air accu. Meski sekring diganti baru, arus listrik tidak dapat mengalir sempurna, akibatnya motor tidak bisa distarter karena aliran listrik terhambat," ujar Aris, montir dari Gemilang Motor, Purwakarta, Jawa Barat.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya bro/sis memantau kondisi rumah sekring secara berkala, sekalian di cek juga kondisi sekring, periksa apakah timbul korosi di kedua penghantar arus listriknya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK