NEWS
DETAILS
Sabtu, 18 Nov 2017 17:35 - Honda Community

Aksi begal dan pencurian sepeda motor masih marak di beberapa wilayah, terlebih pada waktu malam hari. Tentu semua bro/sis HondaCommunity merasa khawatir akan hal ini. Namun jika memang terpaksa harus pulang malam sebaiknya tunggangan dilengkapi pengaman tambahan, supaya motor tidak gampang berpindah tangan.

Nah untuk peranti tambahan ini ada banyak ragam di antaranya alarm, kunci rahasia, Smart Key dan GPS Tracking. Simak lebih lanjut untuk penjelasannya.

Kunci Rahasia
Beberapa bengkel menawarkan kunci rahasia yang rata-rata hasil racikan sendiri. Salah satunya kunci rahasia yang pada saat masuk gigi tertentu, mesin langsung mati. Bahan dasarnya dari flasher, saklar, kabel dan klakson orisinal.

Ada juga yang menggunakan semacam sensor, agar mesin bisa di-starter bro/sis harus menyentuh sensor pakai tangan atau jari. Meski kunci kontak sudah ON, tapi kalau sensor rahasia tidak disentuh, mesin tidak bisa menyala

Smart Key
Produk pengamanan motor ini sudah jelas produk pintar. Pasalnya telah menggunakan teknologi canggih immobilizer, seperti  yang dipakai pada mobil-mobil keluaraan terbaru. Terdiri dari Smart Coin (koin pintar) yang merupakan pemancar kode keamanan yang tidak dapat dilacak.

Koin ini memberikan sinyal kode akses agar mesin motor dapat beroperasi. Selain itu juga memiliki kelebihan tahan air dan tidak menggunakan baterai sehingga bisa dipakai selamanya. Bagian berikutnya merupakan modul kontrol, yang dikendalikan oleh micro computer guna pengolahan data yang disampaikan oleh koin pintar tersebut.

Pencuri maupun begal tidak akan bisa kabur jauh, selama smart key masih ada di tangan bro/sis.

Alarm
Peranti ini banyak dijajakan di toko-toko aksesori maupun bengkel motor di sekitar kita. Biasanya dilengkapi speaker dan remote. Nah dari beberapa alarm, ada juga yang remote-nya sekaligus berfungsi sebegai starter jarak jauh.

Merek yang ditawarkan juga beragam; MOCC, Agiva, Axio, Ego, HMF, Vortex dan masih banyak lagi. Harganya mulai Rp 50-250 ribu. Cara kerjanya, motor enggak bakal bisa di-starter kalau tombol remote enggak diaktifkan.

GPS Tracking
Peranti ini merupakan perangkat pelacak atau yang lebih dikenal dengan GPS Tracker. Sudah banyak yang menawarkan alat ini.

Pemasangannya juga mudah karena hanya menyambungkan kabel GPS Tracker dengan kunci kontak, maka alat ini akan otomatis aktif. Cara kerjanya, GPS dilengkapi dengan SIM card, sehingga bisa langsung mengirim data, dan mengetahui posisi motor berada saat itu juga melalui komputer maupun smartphone.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK