NEWS
DETAILS
Jumat, 16 Sep 2016 21:21 - Koentoel Soerobojo

Assalamu;alaikum guys

jumpa lagi ama mimin. sorry lam gak buka dikarenakan job yang serva deadline.

Lanjutkan yang kemarin soal tips agar C70 mu kenceng hemat di kantong, biar kagak "SALAH KAMAR" saat mau upgrade. Simak tipsnya (Sumber: pakar C70 Koentoel Soerobojo yang sudah teruji).

ni uprade kalo udah mesinmu pake mesin C punya Honda Astrea Grand, Prima Dkk, yang diubah cukup berikut:

  1. Cylinder Head

          Head yang perlu dilakukan ubaha cukup main di Valve/Katup/Klep nya bisa pake ukuran untuk IN bisa pake 24 - 25 dan OUT pake 20 - 22. Mengapa demikian guys? pertama hemat di ongkos yang kedua pasokan campuran bahan bakar+udara udah lebih banyak dari bawaan pabrik. Selain Valve/Katup/Klep bisa dilakukan ubahan perbesar dikit pada lubang masuk (Intake) dan lubang keluar (exhaust). Namun untuk yang satu ini harus dilakukan oleh yang ahli aja gan biar kagak salah itungan. kalo salah itungan motor bisa - bisa kagak lari kenceng, power malah drop.

Pic 1.1 Penampakan bagian dalam Cylinder Head beserta klepnya

Pic 1.2 Penampakan lubang INTAKE

  1. Piston dan Silinder Blok

          Untuk Piston Cukup pake ukuran denga diameter 52 mm ato pake 53mm. Ntu pun udah mendongkrak kapasitas mesin yang tadinya 97 cm3 jadi

105,xx cm3 sampe 109.xx cm3. Lumayan lah kagak ketinggalan ama yang lain sekaligus hemat dikantong. Pake piston segitu kalo c70 mania naruh pada bengkel yang tepat bisa dapet kencengnya juga ketahanan mesin yang lumayan.

PIC 1.3 Piston + Blok Silinder yang mau dipasang

  1. Askruk/Bandul

          Nah part ini juga harud diperhatikan guys, sepela namun bawa pengaruh yang tokcer. percuma lakuin rubaha mulai depan sudah TOP namun Askruk yang loe pake kagak tokcer, kan percuma. Untuk askruk ini selera masing masing, mau tetep bawaan langkah 49,5 mm ato mau di panjangin lagi langkahnya. Kalo mau tetep pake 49,5 mm mimin saranin pake askruk milik astrea prima ato pake punya star yang agak berat dikit. cukup dibuat balance askruk ntu udah tokcer dah si C70nya. Tapi kalo ma Stroke Up alias pake langkah panjang untuk mendongkrak kapasias mesin (up to 124 cm3)lagi bisa, usahakan pake askruk yang udah bawaan langkah panjang/Long stroke kaya punya Honda Nice yang 55,5 mm asli dan seri mesin NF 125 yang punya langkah 57mm untuk ketahanan mesin yang baik. Ato kalo mau geser askruk juga bisa, bawa ke bengkel yang melayani jasa stroke up askruk dah beres, namun kelemahan dari geser askruk. Lubang Big End pada Connecting Rod bisa - bisa gak sama alias (penceng). catatan: kalo pake askruk honda NF 125 yang dimodif adalah ganti laker/bearing dengan spesifikasi ukuran as dalam sama dengan milik NF 125 (karisma, kirana, dll) sedangkan diameter luar sama dengan bearing askruk mesin C (grand, prima dkk) dan bubut as sebelah kanan agar balancer mesin C bisa masuk.

Pic 1.4 Askruk Honda Nice 110 (55,5 mm)

Pic 1.5 Askruk Honda NF 125 (karisma, kirana, dll) langkah 57mm

Sekian Dulu Guys tipsnya

tunggu Stage 3 yaaaa!!!

Wassalamu'alaikum...

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK