NEWS
DETAILS
Jumat, 29 Jul 2016 21:14 - Koentoel Soerobojo

Assalamu’alaikum Wr wb

Guys, mimin barusan dapat masukan nih dari para sesepuh xixixi dan mau ane terapin biar gak gagal pahm gitu. Ok guys dari cuplikan tadi kita akan membahas soal rem guys. Sistem rem berfungsi sebagai memperlambat laju kendaraan guys (nah lo kalo gak fungsi gimane???). kalo gak ada rem mungkin kita udah tertabrak pohon (bbrruuuaakkk.... aduhh sakit kan) atau gak yang paling parah nabrak kendaraan lain (dan bisa (censored)). Nah guys ngerikan mimin mau berbagi info dan tip mengenai rem ni tapi kali untuk yang remnya suka nge-lock alias ceket/seret. Bahaya juga guys kalo rem kita tiba – tiba nge-lock mendadak waktu kita berkendaran.

Pic 1.1 Penampakan rem depan cakram

 

Apa bahayanya??? Kita bisa diseruduk ama kendaraan yang ada dibelakang kita guys (sakitnya tu disini). Rem kita nge-lock itu dikarenakan ada beberapa penyebab guys.

Pic 1.2 Caliper Rem yang dibongkar

  1. O-ring piston caliper udah memuai.

Pic 1.3 O-ring Piston Caliper

O-ring piston caliper berungsi sebagai penahan minyak rem yang menekan piston rem agar tidak ikutan terdorong oleh master rem yang diatas. Dan sifatnya mudah memuai gan karena ruangya terbatas maka saat memuai o-ring tersebut mencengkeram piston caliper guys sehingga nge-lock alias ceket itu guys. Maka dari itu saat pemasangan jangan pakai bahan yang mengandung mineral guys untuk melumasi dinding piston atau o-ring caliper karena o-ring piston caliper gampang memuai kalo kena mineral guys. Recomended used tancho karena bahannya yang terbuat dari lemak nabati yang mampu melumasi namun tak menyebabkan o-ring caliper memuai.

Pic 1.4 Tancho

Pic 1.5 Membersihkan Caliper

 

  1. Master rem sudah korosi alias berlkarat.

Pic 1.6 Master Rem

Selain o-ring piston penyebab berikutnya bisa dari master rem yang korosi/berkarat/teyeng (wkwkwkwk) gan. Maka dari itu saat kita memberihkan master rem haruslah benar – benar kering agar tak ada sisa – sisa air yang terselip yang dapat menyebabkan korosif/karat pada piston master rem. Sama halnya dengan sifat o-ring caliper seal yang ada pada piston master rem juga gampang memuai kalau terkena bahan yang mengandung mineral. Maka saat pemasanangan hindari menggunakan oli maupun greese/stampad guys.

 

  1. Sliding caliper gak berfungsi

Pic 1.7 Sliding Master Caliper

 

Sliding caliper juga harus kamu cek juga guys. Bersihkan bila perlu kalau sudah berkarat karena itu sliding gak berfungsi sebagaimana mestinya. Itu dapat menyebabkan kavas rem kita akan aus sebelah. Beda dengan o-ring piston caliper serta seal piston master rem, karet pada sliding caliper lebih tahan dengan greese yang mengandung mineral. Beri greese/stampad pada sliding caliper untuk mempermudah caliper untuk bergerak agar keausan kanvas rem tetap terjaga dengan rata.

Pic 1.8 Karet Sliding

Pic 1.8 Caliper yang akan dipasang

Janga lupa beri greese/ stampad/vet pada bagian yang bergerak statis seperti: pelat kanvas rem, Sliding Caliper, Sliding kanvas rem

Nah itu tadi guys penyebab serta cara mengatasi kalau rem cakram kita mengalami lock mendadak alias ceket. Seian dulu guys info yang mimin kasih tunggu info selanjutnya.

Wassalammu’alaikum...

Rizky Mega Darmawan

Pict Source:

http://rifmasites.blogspot.co.id/2011/11/penyebab-rem-cakram-terkunci-dan-cara.html

https://bakulkangkungjpr1.com/2015/03/13/rem-cakram-macetlengket-alias-terkunciini-penyebabnya/

tafar.blogspot.com

warungdohc.com

otomotifnet.com

cyclepedia.com

iwanbanaran.wordpress.com

motorplus-online.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK