NEWS
DETAILS
Sabtu, 25 Nov 2017 20:11 - Honda Community

Cuaca hujan, hal paling dikeluhkan pemilik motor yaitu rem belakang kelewat pakem. Terutama di rem teromol yang sudah lama tak dibersihkan. Baru injak tuas sedikit, roda belakang seperti mau terkunci. Gejala ini kerap terjadi saat motor diam habis kehujanan.

Rem belakang seperti mengunci karena ruang di dalam teromol terlalu lembab. Kerena hal itu, tuas pengungkit kampas rem yang mestinya otomatis (gampang buka-tutup) jadi makin seret dan maunya ngerem. Sementara tuas penarik paha ayam sudah bebas.

Nah, untuk minimalisasi gejala rem belakang mengunnci, baiknya bro/sis melakukan perawatan berkala di bagian itu. Soalnya, salah satu sumber penyebab tuas pengungkit kampas rem seret, di ruang tersebut bukan cuma lembab atau basah, tapi juga sudah banyak dihinggapi debu halus. Makanya kampas enggak balik.

Membersihkannya sama saja dengan motor-motor lain yang masih pakai rem teromol. Setelah panel kampas rem terpisah dari teromol dan as roda, ruang teromol disemprot angin bertekanan biar debunya hilang. Biar maksimal, sikat juga pakai kuas.

Bagian paling penting dari masalah ini adalah, tuas pengukit kampas rem di panel. Bukan cuma dicuci tapi juga wajib dikasih pelumas seperlunya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK