NEWS
DETAILS
Rabu, 06 Jan 2016 19:25 - Honda Community

Mendongkrak performa bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu langkah jitu yaitu dengan melakukan bore up. Namun cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, belum lagi proses pengerjaannya. Nah, ada cara simple nih buat bro/sis penggunaa Honda CB150R Streetfire yang berniat mendongkrak performa tanpa bore-up.

Adapun Nicko Suardi mantan mekanik Ultra Speed Racing (USR) di Kebon jeruk, Jakarta Barat, pernah menggunakan beberapa langkah ini. Antara lain dengan custom gigi sentrik, penggantian sistem pengapian, bebenah komponen kopling. Terakhir, penyempurnaan di bagian pembuangan.

1. Geser gigi sentrik in. Caranya, lubang dudukan baut gigi sentrik, masing-masing dicoak melebar sekitar 0,5 mm searah jarum jam pakai bor. Lalu, geser poros noken as berlawanan arah jarum jam sebanyak 2 derajat. Dengan begitu, buka-tutup klep in jadi lebih cepat 2 derajat dari standar. Saat didial ulang, ubahan tersebut membuat klep in membuka di 7 sebelum TMA dan menutup 33 setelah TMB. Sedangkan, klep ex-nya tetap, terbuka di 35 sebelum TMB dan menutup 5 setelah TMA.

2. Ganti koil standar pakai yang punya kemampuan melipat gandakan percikan api di busi lebih baik. Bisa pakai koil aftermarket yang sudah teruji di pasar.

3. Lalu buat meminimalkan power loss, per kopling ditukar yang lebih keras. Bila perlu sekalian ganti kampas kopling yang lebih mumpuni. Tak lupa, knalpot pakai jenis free flow.

foto: motorplus-online.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK