NEWS
DETAILS
Jumat, 25 May 2018 11:24 - Karisma Fans Club

Memiliki motor baru merupakan impian bagi banyak orang. Apa pun tipe motornya, kendaraan roda dua yang baru dibeli seperti ingin terus disayang agar tetap kinclong dan maksimal. Namun, faktanya masih banyak di antara kita yang tidak tahu cara merawat motor baru.

Apakah motor baru Anda adalah motor Honda? Berbagai tipe motor Honda, mulai dari Honda Vario, Honda Beat, hingga Honda CBR membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga performanya tetap maksimal. Jangan sampai motor baru kesayangan Anda jadi rusak lantaran tidak bisa merawatnya. Tentunya kita tidak ingin jika motor yang masih dalam hitungan bulan sudah keluar masuk bengkel, bukan? Tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor baru kesayangan agar tetap kinclong dan prima dari performa mesinnya.

Hindari Membawa Barang Bawaan Berlebih dengan Jarak Tempuh yang Jauh

Barang bawaan yang berat membuat motor bekerja lebih keras. Tidak hanya berimbas pada tekanan ban yang bertambah, kinerja mesin juga turut terkuras karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas kewajaran. Selain itu, barang bawaan yang berat juga akan membuat frame motor kesayangan menjadi tidak presisi lagi. Bagian yang paling mudah rusak saat Anda membawa barang bawaan berlebih adalah suspensi.

Jika motor Anda terpaksa mengangkut beban berat, hindari memakainya untuk perjalanan jauh, maksimal jarak tempuhnya adalah 50km dengan memperhatikan kecepatannya. Jalankan motor dengan kecepatan yang stabil untuk menghindari kerusakan fatal pada mesin.

Manfaatkan Jasa Servis Gratis

Jika membeli motor baru, pihak dealer akan memberikan jasa servis gratis. Jasa servis gratis ini biasanya berlangsung selama 4 kali dengan ketentuan tanggal yang sudah tertera. Umumnya untuk servis pertama, pihak bengkel memberikan oli gratis, lalu servis kedua dan seterusnya akan mendapatkan servis gratis saja.

Manfaatkan jasa servis gratis ini sebaik mungkin untuk menjaga kondisi motor baru Anda tetap prima dan maksimal. Jika ada keluhan, segeralah sampaikan untuk mendapat penanganan lebih dini.

Lakukan Pemanasan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan hal sederhana berikutnya yang dapat Anda lakukan. Panaskan motor pada pagi hari sebelum digunakan beraktivitas selama beberapa menit. Dalam rentan waktu 5 menit ini, mesin sudah melakukan persiapan sebelum digunakan beraktivitas.

Kenapa hanya 5 menit? Karena jika lebih dari 5 menit, mesin motor akan panas terlebih dahulu sebelum digunakan dan akan membuang-buang bahan bakar. Waktu 5 menit sudah cukup untuk membuat mesin cukup panas. Jadi, saat motor digunakan, temperatur pada mesin akan naik secara perlahan. Hal ini yang akan membuat mesin dapat bertahan lebih lama

Rajin Membersihkan Motor

Membersihkan motor dapat dilakukan dengan cara mencuci atau mengelap. Jika kondisi motor tidak terlalu kotor alias hanya berdebu, Anda hanya perlu mengelapnya dengan menggunakan lap berbahan lembut. Namun, jika kondisi motor sudah kotor, segeralah cuci motor tersebut. Semprotkan air ke seluruh bagian motor agar pasir-pasir yang menempel rontok terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan body motor dengan menggunakan sampo khusus motor sehingga perawatannya pun berjalan maksimal.

Kotoran yang menempel pada bagian kaki-kaki dapat Anda bersihkan dengan menggunakan sikat yang lembut atau sikat gigi. Ukuran sikat gigi yang kecil dapat menjangkau celah-celah sempit. Selain itu, material sikat yang lembut juga dapat menghindarkan motor dari goresan. Jika motor terkena air hujan, segeralah bilas sampai bersih dan jangan biarkan air hujan menempel pada bagian besi motor. Air hujan memiliki kandungan PH tinggi yang sangat beresiko menimbulkan karat.

Setelah selesai dicuci, lap seluruh bagian motor sampai bersih. Pastikan tidak ada air yang tertinggal karena ini akan menyisakan noda bercak putih pada kendaraan. Jika Anda ingin body motor terlihat semakin kinclong, gunakan silicon pembersih motor untuk membuatnya tampak seperti motor baru setiap saat

Hindari Paparan Sinar Matahari

Hindari paparan sinar matahari secara langsung karena akan membuat warna body motor cepat memudar. Selain itu, paparan sinar matahari langsung dapat menimbulkan garis-garis retakan pada kaca speedometer. Oleh karena itu, saat Anda memarkirkan kendaraan, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang teduh atau bisa menggunakan mantel penutup motor untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Untuk motor-motor terbaru Honda, biasanya sudah menggunakan teknologi hemat bahan bakar dengan teknologi sistem injeksi. Mesin dengan teknologi injeksi akan bekerja lebih optimal serta lebih awet jika menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90. Bahan bakar beroktan tinggi akan meminimalkan kerak yang ditinggalkan bensin pada injector sehingga mesin jadi lebih awet. Bahan bakar beroktan tinggi juga membuat mesin menjadi lebih halus karena mengalami pembakaran yang lebih sempurna.

Nah, itu dia 6 cara sederhana merawat motor baru yang bisa Anda lakukan. diatas adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat motor baru kesayanganmu. Ingat, perawatan yang tepat akan membuat mesin motor tetap prima dan body tampil kinclong.

Sumber : www.wahanahonda.com
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK