NEWS
DETAILS
Rabu, 08 Nov 2017 16:14 - Karisma Fans Club

Jakarta, 8 November 2017 - Speedometer merupakan salah satu komponen yang ada pada sepeda motor, pengendara bisa melihat instruksi yang ada pada panel tersebut. Kecepatan kendaraan, petunjuk bahan bakar, tanda belok kanan-kiri, jumlah kilometer yang sudah ditempuh dan gigi transmisi.

Honda Karisma adalah sepeda motor tipe bebek pertama kali produksi Honda yang sudah menggunakan model digital dalam menunjukkan jumlah bahan bakar dan jumlah kilometer yang sudah ditempuh. Dan pada speedometer Honda Karisma juga sudah menggunakan papan PCB yang sering kali mengalami masalah mengingat tahun produksi yang sudah lumayan lama.

Seiring dengan lamanya penggunaan sepeda motor Honda Karisma sekaligus jarak tempuh dari sepeda motor tersebut, maka sangat dimungkinkan spedometer motor Karisma mengalami masalah. Masalah speedometer pada motor Karisma bukanlah perkara yang sulit untuk ditangani. Untuk membantu anda di dalam mengatasi permasalahan pada speedometer sepeda motor Karisma, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan mengenai cara memperbaiki speedometer motor Karisma.

Hal pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebagai awalan di dalam proses memperbaiki speedometer motor Karisma adalah dengan memastikan letak kerusakan pada spidometer motor Karisma tersebut.

Dengan mengetahui posisi kerusakan yang menyebabkan speedometer motor Karisma tidak bergerak, maka kita bisa dengan mudah memperbaikinya dengan cara menggantinya dengan part baru ataupun mengakali part yang rusak tersebut supaya bisa berfungsi kembali.

Cara mengetahui bagian yang rusak pada speedometer:

  1. Langkah awal di dalam melakukan pengecekan bagian mana yang rusak pada speedometer motor Karisma tersebut, maka silakan motor anda standar tengah kemudian masukan gigi 1 dan putar roda belakang. Perhatikan jarum dari speedometer motor Karisma. Apabila speedometer motor Karisma tetap diam saja pada saat kita memutar roda belakang, maka kita bisa melanjutkan untuk melakukan pengecekan pada bagian yang lain.
  2. Bagian selanjutnya yang perlu kita cek adalah pada bagian dekat gir depan, silakan dibuka tutup cover gir depan dan cek kabel yang ada diatas gir depan tersebut apakah ada yang putus. Jika tidak ada yang putus dilanjutkan dengan pemeriksaan soket kabel pengerak jarum penunjuk kecepatan pada speedometer.
  3. Apabila cara memperbaiki speedometer motor Honda Karisma diatas tidak ada perubahan juga, maka anda bisa melakukan pengecekan berikutnya pada bagian perangkat speedometer sepeda motor Karisma.

Speedometer motor Honda Karisma menggunakan system elektronik bukan mekanik, jadi tidak menggunakan kabel yang dipasang pada as roda depan, tapi berupa kabel listrik yang mengirimkan sinyal (pulsa) listrik yang dihasilkan oleh sensor yang di tempel di bagian transmisi.

Jadi bila speedometer tidak bekerja kemungkinan sebabnya adalah kabel nya putus, soketnya kendor, sensor transmisi rusak atau system elektronik pada perangkat speedometernya yang rusak.

Ide sumber berasal dari : inanesia.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK