Selasa, 30 Mar 2021 11:41
Honda Community

Kesalahan Wanita Selama Berkendara Motor Di Jalan Raya

Pasti sudah tak asing lagi dengan meme yang mengatakan bahwa penguasa jalanan adalah emak-emak atau ibu-ibu. Guyon ini terbuat lantaran banyak sekali ibu-ibu yang berkendara seenaknya tanpa memperhatikan kondisi jalan dan pengendara lain yang ada di belakangnya.

Salah satu hal yang sering dijadikan masalah adalah ketika mereka akan menepi atau berbelok ke arah kanan, namun lampu sein yang dinyalakan adalah sebelah kiri.

Hal ini menyebabkan pengendara yang ada di belakangnya pun kesal dan kebingungan. Padahal hal seperti ini sangat berisiko menyebabkan terjadinya kecelakaan, lho.

Nah, selain penggunaan lampu sein yang kerap salah. Para perempuan termasuk di dalamnya remaja serta ibu-ibu seringkali melakukan kesalahan lain selama berkendara motor di jalan raya.

Pada artikel kali ini, apa saja kesalahan berkendara yang sering dilakukan oleh wanita.

1. Penggunaan fitur pada kendaraan yang tidak tepat

Banyak sekali wanita yang tidak begitu paham mengenai cara berkendara motor yang benar. Dengan pengetahuan yang terbatas terhadap kendaraan, mereka pun lantas terjun ke jalanan dengan bermodalkan nekat. Akibatnya, mereka sering mengalami kesalahan dalam hal penggunaan fitur pada kendaraan yang ditumpanginya.

Sebut saja salah satunya adalah penggunaan lampu sein tadi. Di mana mereka menyalakan lampu sein kiri, namun akan menepi atau berbelok ke arah kanan. Begitu pun sebaliknya.

Selain itu, penggunaan fitur motor yang kerap disalah gunakan oleh wanita adalah soal rem depan dan belakang. Ini biasa terjadi pada mereka yang menunggangi motor bebek atau motor manual.
Pada jenis motor ini, pengereman roda belakang biasanya dilakukan dengan menginjak tuas rem yang berada tepat di bawah telapak kaki kanan. Sedangkan untuk melakukan pengereman ban depan, bisa menggunakan tangan yang berada di dekat gas motor.

Penggunaan fitur yang salah ini sangat membahayakan keselamatan dirinya sendiri maupun pengendara lain. Sehingga sangat disarankan bagi para wanita sebelum berkendara, pastikan bahwa sister sudah cukup paham dan mengetahui apa saja fungsi dari masing-masing fitur kendaraan yang ada di sana.

2. Menghentikan motor tiba-tiba

Tak jarang para wanita menghentikan kendaraan mereka secara tiba-tiba. Hal ini membuat pengendara yang ada di belakangnya pun kaget dan harus melakukan pengereman secara mendadak. Jika pengendara tersebut tidak fokus, risiko yang bisa terjadi adalah tabrakan yang tak terelakkan.

Nah, bagi para wanita yang sering melakukan hal-hal seperti ini, mulailah untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan keselamatan Sister sendiri dapat dipertaruhkan.

Beruntung jika kendaraan yang ada di belakang Sister bergerak dengan laju yang perlahan, sehingga mudah bagi mereka untuk menghentikan kendaraannya sewaktu-waktu ketika Sister berhenti tiba-tiba.

Namun coba bayangkan jika pengendara di belakang Sister melaju dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut akan membuatnya tak sempat melakukan pengereman sehingga potensi terjadi tabrakan akan sangat besar.

3. Memutar balik arah kendaraan

Seringkali para wanita juga melakukan putar arah tanpa pertimbangan yang matang. Mereka melakukan hal tersebut dengan tanpa melihat ke arah belakang sehingga dapat berdampak buruk terhadap keselamatannya. Kendaraan yang melaju dari arah belakang bisa saja menabraknya jika putar balik dilakukan secara tiba-tiba.

4. Melanggar rambu lalu lintas

Ada begitu banyak tanda atau rambu lalu lintas yang terpasang di jalan. Sayangnya, banyak juga dari mereka yang dilanggar oleh para kaum hawa lantaran mereka tidak mengerti arti dari marka lalu lintas tersebut.

Padahal jelas-jelas, pelanggaran lalu lintas ini dapat menyebabkan sanksi yang cukup beragam. Mulai dari denda hingga pidana kurungan dengan nominal dan jangka waktu yang variatif.

Nah, jika Sister tidak ingin dikenai sanksi tersebut, pastikan untuk menaati setiap peraturan lalu lintas yang ada. Jangan pernah sekali pun mencoba melanggar aturan tersebut yang dapat merugikan diri Sister sendiri nantinya.

Itulah tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor wanita. Namun bagaimana pun bukan berarti pengendara pria juga tak pernah melakukan kesalahan, ya.

Baik brader maupun sister sama-sama harus memprioritaskan keselamatan mereka saat berkendara.
Pastikan untuk menaati setiap aturan yang ada sekaligus mengenakan perlengkapan safety riding yang diwajibkan.

Berita Terkait

The Last of us
Senin, 12 Apr 2021 08:27
Honda Community

DAW Beri Edukasi Safety Riding Kepada Jurnalis Di Sulut

The Last of us
Kamis, 01 Apr 2021 11:14
Honda Community

Calon Bidan Di Palu Dapat Edukasi Safety Riding

The Last of us
Selasa, 30 Mar 2021 11:41
Honda Community

Kesalahan Wanita Selama Berkendara Motor Di Jalan Raya

The Last of us
Kamis, 25 Mar 2021 09:23
Honda Community

Tim Safety Riding Trio Motor Sambangi Kantor Pengadilan

The Last of us
Kamis, 25 Feb 2021 17:23
Honda Community

Touring Cari Aman Dari Astra Motor Bali