NEWS
DETAILS
Jumat, 30 Oct 2020 13:13 - Honda Community

Keselamatan berkendara adalah ilmu yang wajib diketahui oleh semua orang khususnya pengendara karena kapanpun dan dimanapun kecelakaan saat berkendara dapat menimpa siapapun tidak memandang usia maupun profesi.

Kecelakaan membawa kerugian bagi pengendara. 20% kerugian seperti terluka, biaya perbaikan kendaraan, biaya pengobatan terlihat oleh kita. Namun,  80% kerugian seperti kehilangan pekerjaan, cacat, miskin, kehilangan keluarga, miskin, bahkan meninggal dunia tidak terpikirkan secara langsung oleh kita.
 
Untuk itu PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara berkomitmen untuk gencar menyebarkan ilmu keselamatan berkendara kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan kegiatan edukasi safety riding yang dilakukan bekerjasama dengan SMK Negeri 2 Dumai melalui edukasi online web seminar yang diikuti oleh 74 peserta dengan tema Pemuda Indonesia siap #Cari_Aman (22/10).
 
Darwin, S.Pd, Wakil kepala manajemen mutu SMK Negeri 2 Dumai, mewakili kepala sekolah SMKN 2 Dumai menyampaikan, Kegiatan ini sangat penting bagi siswa siswi SMK Negeri 2 Dumai saat berkendara nantinya. karena pada saat telah memasuki umur 17 tahun dan memiliki SIM, kegiatan berkendara akan menjadi kegiatan rutin mereka.

Berkendara bukan hanya cukup bisa saja, namun juga ada ilmunya agar aman dan tertib saat di jalan raya. Tahun ini kegiatan edukasi safety riding dilaksanakan online via web seminar berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan langsung ke sekolah.

Kami akan mendukung program safety riding edukasi yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM)  dan PT Capella Dinamik Nusantara karena edukasi yang diberikan kelak menjadi bekal peserta. Harapan kami semoga seluruh peserta yang mengikuti edukasi ini dapat menyerap ilmu yang diberikan dan menjadi bagian dari pelopor keselamatan berkendara dijalan raya.
 
Sama dengan kegiatan seminar online safety riding yang sudah beberapa kali dilakukan, sebelum penyampaian materi safety riding para siswa/i mengikuti pre-test online utk mengetahui tingkat pemahaman peserta dalam aman berkendara.
 
Abdullah Hamdi Batubara, instruktur Safety Riding PT. Capella Dinamik Nusantara menyampaikan bahwa dalam faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor manusia dengan angka 61% lalu 30% disebabkan oleh faktor lingkungan dan 3% disebabkan oleh faktor kendaraan. Kondisi hujan termasuk dari faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh lingkungan.

Pada saat kita berkendara di kondisi hujan ada beberapa kondisi  yang harus di antisipasi diantaranya aqua planning, water hammer, hipotermia, dan dehidrasi. Aqua planning adalah kondisi dimana ban sepeda motor tidak menapak sempurna dengan aspal diakibatkan oleh permukaan air yang tidak teralirkan secara sempurna oleh ban.

Hindarilah genangan air saat kita berkendara. Jika tidak memungkinkan dihindari, gunakan kecepatan rendah dan gunakan rem kombinasi pada saat mengerem dengan komposisi rem belakang lebih banyak. Tetap tenang dan jangan panik.
 
Setelah penyampaian materi peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar materi dari narasumber. Peserta sangat antusias terutama saat membahas kondisi yang harus di antisipasi pada saat musim hujan.
 
Jonny Winata, Sales Dept. Head PT. Capella Dinamik Nusantara mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara didalam menyebarkan ilmu keselamatan berkendara kepada masyarakat.
 
“Semoga dengan Webinar (Web Seminar) Safety Riding dapat memberikan wawasan bagi siswa siswi SMK Negeri 2 Dumai dan membantu siswa siswi didalam meraih impian melalui bekal dan pemahaman akan keselamatan berkendara. #Cari_Aman saat naik motor dan patuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah,” tandasnya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK