NEWS
DETAILS
Rabu, 01 Jan 2020 13:42 - Honda Community

Berlibur bersama keluarga dan sahabat ke tempat wisata atau di kampung halaman menjadi sebuah keharusan bagi sebagian orang dengan mengendarai sepeda motor, ataupun alat trasnportasi lainnya. Perjalanan yang jauh serta kemacetan seakan bukan jadi masalah karena terbayarkan oleh rasa kegembiraan ketika sampai ditujuan.

Bagi sebagian orang berkendara menggunakan sepeda motor saat berwisata atau pergi ke kampung halaman adalah sebuah pilihan utama. Selain bisa merasakan pemandangan secara langsung disepanjang jalan yang dilewati, menggunakan sepeda motor dinilai lebih cepat ketimbang kendaraan lain, oleh sebab itu tak jarang banyak orang yang rela menempuh jarak yang jauh dengan memakan waktu berjam-jam di atas jok hingga sampai ke tempat tujuan.

Sebagai pengendara sepeda motor, berkendara dengan aman dan nyaman adalah sebuah kewajiban. Nah, biar aman berkendara saat liburan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengendarai motor di jalanan.

Menurut Reza Novendri selaku Kordinator Instruktur Safety Riding PT. Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda) yang merupakan Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Aceh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkendara ;

1. Lakukan pengecekan sepeda motor, pastikan sepeda motor sudah diservis dan dilakukan pengecekan seperti kondisi fisik permukaan dan tekanan angin ban, rem depan belakang, kelancaran gerak putar stang kemudi, serta mesin.

2. Pastikan kondisi fisik bugar, sebelum memulai perjalanan wajib memastikan kondisi pengendara dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta istirahat yang cukup agar tetap fokus di jalan.

3. Pakai perlengkapan keselamatan, ketika berkendara jangan lupa untuk menggunakan helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dan masker (apabila diperlukan).

4. Pahami kondisi jalan, memahami kondisi jalan merupakan salah satu hal penting yang harus diketahui oleh pengendara, dimana kita harus tahu kondisi jalan yang dilalu saat berpergian seperti tanjakan, turunan, jalan rusak, sempit, licin, berpasir, dan hewan ternak.

5. Patuhi tertib lalu lintas, sebagai pengguna jalan kita harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, membawa kelengkapan surat berkendara (SIM & STNK), dan bersikaplah yang sesuai dengan etika berkendara seperti tidak ugal-ugalan serta jangan membawa beban/barang yang terlalu banyak.

“Selain itu hal yang utama sebelum berangkat ke tempat tujuan, kita sebaiknya berdoa terlebih dahulu untuk keselamatan di jalan dan jangan lupa tetap #Cari_aman saat berkendara”, ujar Reza

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK