NEWS
DETAILS
Selasa, 02 Oct 2018 13:34 - Honda Community

Bro, seorang pengendara sepeda motor sudah sewajibnya mengenakan kelengkapan berkendara yang ideal.

Mulai dari helm, jaket, sarung tangan, sepatu yang menutupi mata kaki, hingga celana panjang.

Bukan tanpa alasan, perlengkapan tersebut guna menunjang keselamatan saat berkendara. Khususnya celana panjang yang dapat menjaga gerak bebas kaki ketika bermanuver.

Namun tidak sedikit pengendara perempuan yang justru mengenakan rok atau baju terusan panjang untuk berkendara.

Padahal dengan menggunakannya, gerak kaki akan terbatas.

"Karena rentan cedera, pakaian minimal orang mengendarai sepeda motor yang ideal adalah jaket berbahan denim sampai celana jeans, di luar itu tidak termasuk kategori ideal atau minimum," buka pendiri sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu, dilansir laman jddc.co.id.

Jusri menambahkan, adanya persyaratan berkendara minimal ini karena tidak mungkin setiap pengendara mengenakan jaket safety gear seperti yang dikenakan pebalap motor untuk aktivitas sehari-hari.

"Kalau bicara ideal itu menggunakan jaket balap, cuma kan tidak mungkin untuk sehari-hari karena panas dan berat. Maka minimumnya gunakan pakaian yang tidak ribet dan nyaman dikenakan, contohnya jaket denim itu," pungkasnya.

"Denim itu lebih tebal bahannya dibanding kain lain, juga tahan terhadap gesekan, paling tidak bisa mengurangi abrasi kulit bergesekan dengan permukaan keras seperti aspal," tambah Jusri.

Sementara menyoal baju terusan panjang yang bawahnya terumbai, Jusri mengibaratkannya seperti jas hujan model ponco yang dapat melambai-lambai berpotensi tersangkut pada roda atau komponen penggerak.

Begitu pun dengan rok. Pakaian yang satu ini cenderung membuat pengendara akan terbatas gerakannya ketika bermanuver. "Rok juga tidak ideal, ruang geraknya terbatas karena perempuan takut terlihat dan mencoba menutupinya dengan gerakan terbatas, padahal bermotor itu perlu bergerak bebas," imbuh Jusri.

Intinya, berkendara menggunakan pakaian terusan panjang atau rok sangat tidak dianjurkan ketika berbicara keselamatan berkendara.

"Tidak direkomendasikan karena tidak memasuki level ideal, jadi kalau pakai baju enggak aman harusnya dibuat aturan, kalau enggak ada peraturan hukum, polisi tidak dapat menindak," tutup Jusri.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK