NEWS
DETAILS
Selasa, 09 Feb 2016 13:15 - Honda Community

Menikung dalam kondisi jalan basah harus dilakukan dengan sangat hati-hati saat mengendarai sepeda motor, bro/sis. Dengan kondisi jalan seperti ini perlu sedikit berbeda dalam memperlakukannya. Sebaiknya dalam bermanuver jangan sampai dilakukan tanpa kontrol yang tepat.

Pertama bro/sis harus diperhatikan adalah pengaturan kecepatan. Sebagai pengguna kendaraan roda dua harus paham, kapan menurunkan kecepatan atau menekan rem dan menambah kembali kecepatannya dengan menarik gas.

Seperti yang dilansir dari otomania.com "Salah satu kunci taking corner yang tepat adalah slow in fast out. Maksudnya yaitu dengan cara menurunkan kecepatan (melakukan pengereman sesaat) ketika akan masuk atau sebelum belokan. Lalu biarkan sepeda motor meluncur (jangan rem atau gas) sewaktu berbelok, baru kemudian setelah keluar dari belokan atau setelah posisi kemudi atau sepeda motor lurus, gas baru bisa ditarik,” ujar Marcell Kurniawan dari Training Director The Real Driving Center.

Saat menikung atau dalam posisi kendaraan miring, jangan lakukan pengereman (biarkan meluncur), agar ban tidak selip yang bisa membuat sepeda motor tergelincir. Namun pastikan kondisi kembangan ban dalam kondisi baik, kala berkendara dalam hujan.

"Agar tidak tergelincir pastikan kondisi kembangan ban baik. Lalu usahakan juga untuk memotong belokan, agar resiko tergelincir juga semakin kecil,” ujar Marcell.

Maksudnya memotong, lanjut Marcell, salah satu rumus sederhananya “out-in-out”. Artinya pengambilan jalur di belokan, yang tujuannya agar lebih stabil dan kemungkinan slip dapat diminimalisir.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK