NEWS
DETAILS
Jumat, 18 Aug 2023 10:02 - Asosiasi Motor Honda Lampung

Kebanyakan dari pemilik kendaraan, hanya bisa mengendarai tapi sering malas melakukan perawatan. Bahkan bisa dipastikan tidak paham sama sekali cara merawat motor. Akibatnya, motor sering ngadat di jalan, tanpa pemberitahuan lebih dulu. Nah, ini cara tips merawat motor yang benar:

1.Panaskan! Setiap Akan digunakan.

Cara merawat motor pertama sekaligus yang paling gampang dilakukan demi menjaga performa motor adalah ddengan memanaskan mesin sesaat sebelum digunakan. Biasanya, cara ini dilakukan ketika pagi hari, tepat setelah semalaman mesin motor dalam keadaan mati.

Panaskan mesin motor paling tidak sekitar lima menit. Sebab, jika dilakukan berkepanjangam bakal sia-sia, karena hanya akan membuang bahan bakar . Pastikan mesin motor terasa hangat. Kemudian, biarkan suhu tersebut meningkat perlahan secara alami. Hal sederhana seperti inilah yang bisa membantu motor jadi lebih awet dan membuat aki berumur panjang.

2. Gunakan BBM Tinggi Oktan

Beberapa produk motor keluaran terbaru, mesin yang digunakan telah dirancang sedemikian rupa dengan teknologi injeksi yang hemat bahan bakar. Supaya sistem ini mampu bekerja sebagaimana fungsinya, disarankan gunakan bahan bakar dengan oktan di atas 90. Terutama untuk motor jenis sport.

BBM dengan oktan tinggi mampu melakukan pembakaran mesin secara sempurna dan tidak menyisakan kerak di area injector.

3. Cuci Berkala

Bersihkan motor secara berkala, baik dicuci menggunakan air atau sekadar di lap. Pembersihan secara berkala seperti ini bukan hanya menjaga penampilan motor supaya enak dipandang. Tetapi juga membersihkan kotoran yang menempel di area mesin ataupun kanvas rem.

Gunakan sabun atau shampo khusus . Pastikan menyemprotkan air dengan kencang di bagian yang berdebu supaya tidak meninggalkan goresan ketika digosok. Pada bagian roda, bersihkan dengan sikat ekstra lembut seperti sikat gigi supaya mampu menjangkau area atau celah kecil di sekitarnya.

Setiap kali digutur hujan, pastikan motor dicuci. Karena air hujan bersifat asam yang bisa memicu karat sehingga area yang bermaterial besi lebih cepat keropos. Setelah dicuci bersih, keringkan seluruh bagian motor supaya tidak meninggalkan bercak putih. Lapisi juga dengan cairan silikon agar tampak lebih mengilap.

4. Lindungi Dari Paparan Sinar Matahari 

Pastikan ketika memarkir motor, tidak langsung terkena paparan sinar matahari secara langsung dan terus-menerus. Karena ini akan memicu terjadinya retakan di area kaca speedometer motor. Dan juga bisa mengubah warna body cepat menjadi pudar dan kusam.

Itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk merawat motor. Percayalah, perawatan rutin bisa membuat tampilan motor kesayangan jadi lebih tahan lama, mesin tidak gampang mengalami kerusakan dan performanya terjaga.

Untuk menghindari kendaraan ngadat di jalan secara mendadak, selain memperhatikan perawata dan BBM yang digunakan, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.



 



 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK