NEWS
DETAILS
Sabtu, 05 Oct 2019 11:46 - Honda Community

Honda CRF150L mampu melewati dua medan, yakni jalan raya (on road) dan jalan tanah atau bebatuan (off road). Motor trail ini menjadi pilihan baru untuk para pecinta adventure. Motor yang tangguh ini juga mudah dalam perawatannya. Berikut ini ada 5 tips mudah untuk merawat CRF150L.

1. Oli

Bagi sobat yang hobi adventure, berkendara dengan sering membuka dan menutup handle gas merupakan hal yang lumrah. Sesuai dengan kondisi jalan yang dilaluinya. Dengan karakter seperti itu, kerja mesin lebih maksimal dan mesin cepat panas sehingga oli mesin lebih mudah menguap. Oleh karena itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi, seperti pada varian AHM Oil MPX-1 10W-30. Disarankan juga untuk melakukan pergantian oli mesin setiap 4.000 km.

2. Throttle Gas dan Tuas Handle Kopling

Memainkan gas merupakan hal yang sering dilakukan di dunia off road. Pengaturan throttle gas atau tuas gas menjadi perhatian lebih bagi para pecita off road. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm. Hal serupa berlaku untuk handle kopling, permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

3. Rantai Roda

Pencinta off road pasti sering mengalami gesekan yang terjadinya antara rantai roda dengan swing arm, sehingga terjadi keausan pada bagian keduanya. Rantai roda yang kendor dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Lakukanlah pengecekan drive chain slider pada bagian depan dan belakang dari swing arm motor, serta lakukan pengencangan pada rantai roda sebelum bermain off road. Lalu yang kedua, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan. Cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga keausan dari rantai roda.

4. Rim Lock

Rim Lock atau stopper ban merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengunci pelek, antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam keadaan kekurangan tekanan angin. Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan selipnya ban dalam dan robeknya pentil ban kendaraan. Untuk All New Honda CRF150L, pelek depan dan belakang motor ini sudah disediakan lubang yang dapat dipasangi Rim Lock.

5. Steering Nut

Motor trail ini memang sangat cocok untuk manuver loncat-loncatan. Namun, rider harus sering mengecek pada steering stem dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupun ke kiri. Jika steering stem mengalami seret atau terlalu kendor saat manuver berbelok, segeralah datang ke Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) sebagai bengkel resmi motor Honda untuk dilakukan setting atau pergantian bearing pada sterring stem.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK