NEWS
DETAILS
Senin, 27 Nov 2023 08:22 - Honda Community Jawa Timur

Melansir laman Surabaya Tourism Information Center, Benteng Kedung Cowek mulai dibangun pada 1900. Itu berdasarkan cetak biru yang ditandatangani oleh Kapten Zeni J C Proper pada tanggal 15 Januari 1900.

Benteng Kedung Cowek merupakan benteng terbesar dalam rangkaian benteng yang dibangun di sepanjang pantai dari Surabaya sampai Gresik. Di mana Benteng Kedung Cowek berdiri di atas tanah seluas sekitar 71.876 m2.

Saat pembangunan benteng berlangsung, Kapten Zeni mengajukan izin cuti karena sakit. Letnan Kuyper ditunjuk sebagai penanggung jawab sementara, dalam proses pembangunan Benteng Kedung Cowek.

Sekitar tahun 1901, Benteng Kedung Cowek mulai tampak bentuknya. Konstruksi dan desain bangunan Benteng Kedung Cowek terus disesuaikan dan diperkuat seiring berkembangnya teknologi di masa itu.

Dana sebesar 5 juta Gulden telah disiapkan untuk pengadaan meriam-meriam yang diharapkan dapat menjaga dan memelihara perdamaian Benteng Kedung Cowek dari serangan asing. Benteng Kedung Cowek kemudian digunakan sebagai tempat pertahanan Belanda serta tempat penyimpanan peluru dan meriam besar.

Lokasi dan Rute ke Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek terletak di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya. Lokasinya tak jauh dari gerbang Tol Jembatan Suramadu.

Alamat Benteng Kedung Cowek cukup strategis sehingga mudah untuk dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika berangkat dari Taman Bungkul Kota Surabaya, waktu tempuhnya sekitar 29 menit.

Ada 3 rute yang bisa dilewati untuk menuju Benteng Kedung Cowek, yakni Jalan Sidotopo Wetan, Jalan Kapas Krampung, dan Jalan Kedung Cowek.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK