NEWS
DETAILS
Senin, 04 Oct 2021 07:53 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Salah satu sistem pengereman yang dipakai di motor Honda adalah CBS (Combi Brake System). Motor Honda seperti Honda Beat, Honda Vario CW 110 FI, Honda Vario Techno 125 dan Honda CBR 250R terdapat varian yang mengusung rem CBS.

Teknologi CBS ini fitur yang sangat membantu terutama untuk para pengendara pemula dan akan lebih safety. Karena pengereman dengan CBS akan lebih pekem dibanding biasa.

Pemakaian rem CBS juga menghindarkan ban belakang mudah selip. Karena tenaga pengereman juga ikut terdistribusi ke roda depan.

Pada teknologi CBS ini sistem pengeremannya menggabungkan rem depan dan rem belakang secara bersamaan. Cukup menarik tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang akan bekerja.

Ketika tuas rem kiri ditarik tangan, komponen equalizer (didalam sistem CBS) bekerja mendistribusikan tenaga tekanan menjadi dua. Satu menuju rem pada roda belakang. Satu lagi ke tuas kanan untuk menekan knocker lanjut menekan piston hidrolik guna mengaktifkan rem cakram depan.
Equalizer adalah alat yang dengan mekanisme membagi distribusi daya pengereman antara depan dan belakang.

Rem CBS juga memungkinkan melakukan pergereman dengan jarak yang lebih pendek. Hal ini karena pengereman dilakukan langsung ke roda depan dan belakang secara bersamaan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK