NEWS
DETAILS
Kamis, 23 Apr 2020 12:59 - Sumut Honda Bikers
Di tengah masalah kesehatan yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan Physical Distancing dan Work From Home (WFH) menyebabkan banyak aktivitas keseharian yang harus terhenti. Salah satunya penggunaan pada sepeda motor yang bisanya menjadi salah satu sarana mobilitas andalan untuk bekerja maupun bersosialisasi.
 
Pastinya motor menjadi sangat jarang digunakan. Jika hal ini yang terjadi, maka pengendara harus tetap memperhatikan kondisi motor agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga meskipun berada di rumah.
 
Menyikapi kondisi tersebut, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut ingin berbagi tips bagaimana menjaga kondisi motor saat tidak digunakan dalam waktu lama. Pertama, alangkah baiknya jika motor dicuci terlebih dahulu ketika sudah dapat dipastikan motor akan  #dirumahaja bersama pemiliknya dalam jangka waktu yang lama.

Kedua, hindari serangan karat pada beberapa bagian motor, seperti halnya pada bagian dalam tangki bensin yang sebaiknya diisi penuh dengan bahan bakar Pemberian pelumas pada bagian tertentu juga dapat menjadi solusi terhindar dari karat, sebut saja rantai roda, cakram, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.
Ketiga , ban motor merupakan bagian kendaraan yang terbilang amat penting untuk selalu dirawat agar tetap awet. Bila ban motor tersebut jarang digunakan maka yang perlu diperhatikan adalah tetap rutin membersihkan ban, dan sebisa mungkin gunakan standart tengah untuk mengurangi tekanan samping pada ban, sehingga tidak mudah retak dan rusak.
Keempat, untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk memanaskan mesin. Dimana sebaiknya melakukan pemanasan mesin kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80 hingga 100 derajat celcius dan akan lebih baik jika dilakukan setiap hari.
 
Selanjutnya, khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Karena dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang seperti tikus.
 
Menurut Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy, berkurangnya aktivitas sosial pada kondisi saat ini seharusnya tidak mengurangi perhatian pada kendaraan kesayangan. Menurutnya, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi saja, tetapi perawatan juga dapat dilakukan sendiri di rumah, karena terkadang terdapat komponen atau bagian yang perlu diperhatikan agar motor tetap prima.
 
“Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali,” ujarnya.
 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK