Sabtu, 21 Mar 2020 19:33
Honda Bikers Pekanbaru

Lakukan 3 Hal ini Agar Ban Motor Awet

Pada dasarnya ban terbuat dari karet yang didalamnya ada benang dari besi. Ban adalah komponen yang menjadi kaki dari motor sehingga bersentuhan langsung dengan jalan.

Karenanya penting untuk merawat ban secara berkala. Ini dilakukan untuk menghindari bahaya yang mungkin muncul karena kondisi ban yang sudah mulai memburuk.

Berikut ada 3 tips untuk melakukan perawatan ban motor:

Penglihatan Visual 

Hal yang bisa kita dapatkan dari melakukan ini adalah kita bisa melihat apakah ada retakan di ban yang biasanya terjadi karena umur ban sudah tua.

Selain itu Anda juga bisa mengetahui jika di ban Anda ada bekas paku, kaca, atau benda asing lainnya yang bisa menyebabkan ban kehilangan tekanan udaranya.

Tekanan Ban

Tekanan ban penting untuk diperhatikan karena berbeda dengan mobil, motor hanya memiliki 2 ban saja yang jika salah satunya terganggu akan menyebabkan kestabilan motor terganggu dan bisa sangat membahayakan.

Ban dengan tekanan yang kurang juga cenderung lebih cepat untuk rusak dan memiliki umur yang pendek. Lihat buku manual Anda untuk tahu berapa tekanan yang optimal untuk ban motor yang Anda miliki.

Cek Kedalaman Ulir Ban

Ulir tapak ban sangat diperlukan ketika pengendara melalui jalan yang basah. Ulir menjadi jalan air untuk bisa lewat dari jalanan yang basah tersebut.

Seiring pemakaian, biasanya ulir ban akan tergerus sehingga akhirnya hilang. Jika kondisi ini sudah terjadi, maka ada baiknya agar ban tersebut langsung diganti karena akan sangat licin jika digunakan saat hujan.

 

Sumber: PikiranRakyat.com

Berita Terkait

The Last of us
Rabu, 01 Apr 2020 21:32
Honda Bikers Pekanbaru

Honda Bakal Luncurkan CB-F Concept 2020

The Last of us
Sabtu, 21 Mar 2020 19:33
Honda Bikers Pekanbaru

Lakukan 3 Hal ini Agar Ban Motor Awet

The Last of us
Sabtu, 21 Mar 2020 19:21
Honda Bikers Pekanbaru

Ingin Restorasi Motor? Simak Tipsnya

The Last of us
Sabtu, 21 Mar 2020 18:39
Honda Bikers Pekanbaru

Ini Efeknya Jika Tarik Tuas Rem Pakai 4 Jari